Nabila S., Andi Putri (2021) JARINGAN SOSIAL PENGUSAHA CAFÉ : STORY COFFE ROESTERY = SOCIAL NETWORKS ON COFFE BUSINESS: A CASE STUDY OF THE STORY COFFEE ROASTERY IN POLEWALI CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E41116505_skripsi cover1.png
Download (138kB) | Preview
E41116505_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
E41116505_skripsi dp.pdf
Download (1MB)
E41116505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Andi Putri Nabila.S, E41116505. Jaringan Sosial Pada Bisnis Kedai Kopi: Studi Kasus Story Coffee Roastery di Kota Polewali. Dibimbing oleh Rahmad Muhammad dan Nuvida Raf.
Keberadaan bisnis kedai kopi di Kota Polewali mengalami peningkatan. Situasi ini ditunjukkan pada semakin banyaknya masyarakat yang berkunjung ke kedai kopi. Kebiasaan ngopi di luar rumah dianggap sebagai gaya hidup konsumen perkotaan. Implikasi dari budaya ngopi tersebut adalah perluasan relasi sosial yang diantaranya jaringan pergaulan, jaringan pertemanan dan juga jaringan bisnis. Situasi pandemik Covid-19 saat ini membuat pelaku bisnis kedai kopi mengalami penurunan omset penjualan. Pemilik Story Coffee Roastery membutuhkan peran jaringan sosial untuk tetap eksis dan bertahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan perluasan jaringan sosial yang tertanam pada bisnis Story Coffee Roastery.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan corak metode studi kasus. Analisis jaringan sosial didasarkan kepada analisis deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Story Coffee Roastery. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang di mana memiliki informasi tentang proses perekrutan karyawan, pemenuhan bahan baku dan pelayanan konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan jaringan sosial pada bisnis kedai kopi Story Coffee Roastery ditemukan melekat pada proses pertukaran jasa, barang dan informasi. Dinamika perluasan jejaring bisnis kedai kopi berdasarkan kepada jaringan pemenuhan bahan baku, jaringan perekrutan karyawan, jaringan sesama pengusaha maupun jaringan dengan konsumen. Bentuk jaringan sosial pada proses pemenuhan bahan baku termasuk tipe jaringan kepentingan dengan pola hubungan resiprositras dan tertutup. Jaringan diantara sesama pengusaha kedai kopi termasuk tipe jaringan power dengan pola hubungan asimetris dan terbuka. Bentuk jaringan dalam proses perekrutan karyawan termasuk tipe jaringan sentiment dengan pola hubungan resiprositras dan terbuka. Jaringan dengan konsumen didasarkan dua tipe jaringan sentiment dan jaringan kepentingan dengan pola hubungan sosial yang bersifat resiprositras dan terbuka. Manifestasi jaringan sosial di level aktor didorong oleh sikap saling percaya antara pemilik kedai kopi, konsumen dan karyawan.
Kata Kunci: Bisnis Kedai Kopi; Jaringan Sosial; Kerjasama; Resiprositras
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 00:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 00:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6610 |