RESPONSIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF GOWA


ISLAMIAH, NURUL (2019) RESPONSIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF GOWA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_E21114505_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_E21114505(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_E21114505(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
19_E21114505(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. Pemerintah telah berusaha memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan mendirikan rumah sakit dan
Pusat Kesehatan Masyarakat. Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa. Namun dalam proses pemberian pelayanan yang dilakukan, masih terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi seperti waktu tunggu layanan, terbatasnya jumlah petugas maupun sarana dan prasarana. Oleh karena itu dibutuhkan responsivitas pelayanan publik, karena responsivitas merupakan bukti
kemampuan organisasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Secara umum dari penelitian ini bertujuan untuk menganalisis responsivitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kurang lebih sekitar dua bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responsivitas pelayanan kesahatan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa sudah baik, Menurut hasil penelitian berdasarkan indikator responsivitas
menurut Zeithaml baik dari segi merespon pasien, melayani pasien dengan tepat, melayani pasien dengan cermat, menangani pesien secara tepat waktu serta menanggapi setiap keluhan . Ada beberapa kekurangan yang ditemukan dan masih harus diperbaiki. Diantaranya kurang cepatnya petugas rumah sakit dalam melayani pasien karena terkendala pada sarana dan prasarana serta jumlah petugas, dan masih adanya keluhan pasien mengenai kebersihan Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Responsiveness, public service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 20 Sep 2021 23:59
Last Modified: 20 Sep 2021 23:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item
View Item