ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP JASA PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS MAKASSAR


FAHREZA, SYAHRUL (2019) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP JASA PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_D31114307_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_D31114307(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_D31114307(FILEminimizer)..ok dapus.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_D31114307(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Fahreza, Syahrul. 2018. Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Jasa Pelayanan Terminal Peti Kemas Makassar. Kota Makassar. Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. (Dibimbing oleh Abdul
Haris Djalante dan Wihdat Djafar) Terminal Peti Kemas Makassar adalah salah satu terminal yang ada di
Pelabuhan Makassar. Pada tahun 2017 arus peti kemas di Pelabuhan Makassar sebesar 610.819 TEUs, dimana mengalami peningkatan rata-rata sebesar 3,1% setiap tahunnya dalam 10 tahun terakhir. Terminal Peti Kemas Makassar adalah
salah satu item penting untuk mendukung kemajuan ekonomi dan pembangunan di Kawasan Indonesia Timur dimana untuk mendukung kemajuan tersebut harus disertai dengan pelayanan jasa yang baik dan sesuai dengan harapan pengguna jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap jasa pelayanan di Terminal Peti Kemas Makassar dan menentukan indikator pelayanan yang menjadi prioritas untuk diperbaiki kedepannya. Metode analisis yang di gunakan dalam penyelesaian penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jumlah indikator pelayanan yang di gunakan dalam kuesioner penelitian ini sebanyak 36 indikator. Berdasarkan hasil analisa dan olah data kuesioner
disimpulkan bahwa pengguna jasa Terminal Peti Kemas Makassar secara keseluruhan sudah puas dengan kondisi dan kinerja pelayanan di Terminal Peti Kemas Makassar saat ini dengan persentase kepuasan sebesar 73,39%. Adapun
indikator – indikator pelayanan jasa yang menjadi prioritas pihak Terminal Peti Kemas untuk diperbaiki kedepannya adalah: Pelayanan operator bongkar muat peti
kemas yang cepat dan tepat, ketersediaan fasilitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Makassar, Dwelling Time di Terminal Peti Kemas Makassar, biaya yang
sesuai dengan peraturan yang berlaku, keberadaan pungutan liar di sekitar Terminal Peti Kemas Makassar, biaya pelayanan yang transparan, dan kepastian jam
pelayanan di Terminal Peti Kemas Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 20 Sep 2021 23:59
Last Modified: 20 Sep 2021 23:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item
View Item