PENGARUH GELOMBANG TERHADAP STABILITAS GERAK OLENG KAPAL FERRY RO-RO BERDASARKAN PENGUJIAN MODEL (Studi Kasus KMP Lakaan)


ILHAM, MUHAMMAD (2019) PENGARUH GELOMBANG TERHADAP STABILITAS GERAK OLENG KAPAL FERRY RO-RO BERDASARKAN PENGUJIAN MODEL (Studi Kasus KMP Lakaan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_D31114317_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_D31114317(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_D31114317(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_D31114317(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Kapal KMP lakaan adalah kapal laik laut yang telah memenuhi persyaratan dan aman untuk berlayar, tetapi keamanan dan keselamatan tidak hanya dinilai dari faktor internal saja namun tidak boleh mengecualikan faktor eksternal, Berdasarkan hasil investigasi KNKT, penyebab utama dari ketenggelaman angkutan penyeberangan berasal dari faktor eksternal kapal yaitu gelombang dan angin, sehingga perlu adanya evaluasi tentang kemampuan stabilitas gerak oleng kapal terhadap kriteria
cuaca, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi gelombang dan variasi titik KG terhadap respon gerak oleng kapal dengan menggunakan metode percobaan model pada towing tank dengan gelombang beam sea. Dari penelitian ini diketahui bahwa pengaruh Titik KG terhadap Respon gerak oleng kapal adalah respon gerak oleng kapal
semakin besar seiring dengan meningkatnya nilai KG kapal, dengan ratarata kenaikan sudut roll maksimum kapal pada setiap wave steepness sebesar 3,5% pada kenaikan KG kapal sebesar 0,19 m, selanjutnya nilai sudut roll maksimal kapal dengan bilga keel lebih kecil dibandingkan dengan sudut roll kapal tanpa bilga keel dengan rata-rata perbedaan sudut roll maksimum pada setiap wave steepness adalah 44,5% pada kondisi KG Aktual. pada frekuensi gelombang yang sama dengan amplitudo berbeda, sudut roll yang dialami oleh kapal akan semakin besar seiring dengan
bertambahnya nilai amplitudo. Sudut oleng maksimum yang dialami oleh kapal terjadi pada frekuensi gelombang sama dengan frekuensi natural kapal atau ω0/ω = 1, kecuali pada kondisi kapal Limiting KG tampa bilga keel belum mencapai puncak sudut roll maksimum, Dari penelitian ini juga diketahui bahwa respon gerak oleng kapal KMP lakaan telah memenuhi kriteria cuaca IMO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:44
Last Modified: 20 Sep 2021 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item
View Item