ANALISIS KEBUTUHAN MATERIAL PELAT DAN PROFIL PADA PEMBANGUNAN BANGUNAN ATAS KAPAL FERRY 300 GT


RAHMAT SF, FATHUL (2018) ANALISIS KEBUTUHAN MATERIAL PELAT DAN PROFIL PADA PEMBANGUNAN BANGUNAN ATAS KAPAL FERRY 300 GT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_D31114507_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_D31114507(FILEminimizer)....ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_D31114507(FILEminimizer)....ok dapus.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_D31114507(FILEminimizer)....ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Manajemen material merupakan salah satu bagian sangat penting dari sistim logistik dalam proses pembangunan kapal. Persediaan material baja membutuhkan
investasi biaya cukup besar bagi suatu proyek pembangunan kapal. Dengan demikian perhitungan kebutuhan material baja dilakukan secara teliti, untuk mencapai efektifitas dan efisiensi penggunaan material baja (pelat dan profil). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan plat dan profil, efisiensi serta utilitas penggunaan material dalam proses perakitan bangunan atas
kapal ferry. Tujuan lain penelitian ini adalah mengetahui indeks beban kerja pemotongan setiap blok bangunan atas kapal ferry. Penyelesaian masalah penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan penyusunan pola pemotongan (nesting). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa total jumlah berat kebutuhan material baja
bangunan atas adalah 169,53 ton (alternatif 1) dan 122,07 ton (alternatif 2), dengan rincian kebutuhan pelat adalah 153,15 ton (alternatif 1) dan 107,09 ton (alternatif
2), serta kebutuhan profil adalah 16,37 ton (alternatif 1) dan 14,28 ton (alternatif 2). Untuk alternatif 1 utilisasi dan efisiensi penggunaan plat memperlihatkan hasil adalah 79,62% dan 21,03%. Sementara alternatif 2 memperlihatkan hasil adalah 88,50 % dan 11,8 %. Untuk penggunaan profil utilisasi dan efisiensi menunjukkan
hasil adalah 73,71% dan 26,29% (alternatif 1), serta 87,67% dan 12,33% (alternatif 2). Hasil terakhir yaitu ratio panjang pemotongan terhadap berat bangunan atas
menunjukkan 31,82 m/ton

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 20 Sep 2021 00:51
Last Modified: 20 Sep 2021 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item
View Item