PERENCANAAN JARINGAN KERJA PERAKITAN BLOK LAMBUNG KAPAL FERRY RO-RO 750 GT YANG TERINTEGRASI DENGAN SISTEM PERPIPAAN BAHAN BAKAR DAN MINYAK PELUMAS


GUSMAN, RAHMATIA NASYA (2018) PERENCANAAN JARINGAN KERJA PERAKITAN BLOK LAMBUNG KAPAL FERRY RO-RO 750 GT YANG TERINTEGRASI DENGAN SISTEM PERPIPAAN BAHAN BAKAR DAN MINYAK PELUMAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_D31114319_Cover1.jpg

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_D31114319(FILEminimizer)...ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_D31114319(FILEminimizer)...ok dapus-lam.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_D31114319(FILEminimizer)...ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Percepatan proses pembangunan kapal terus diupayakan oleh perusahaan galangan kapal di Indonesia guna memenuhi kebutuhan kapal yang cukup banyak salah satunya kapal Ferry Ro-Ro. Hal ini dapat diwujudkan dengan penggunaan
metode yang lebih maju pada proses pembangunan kapal seperti mengintegrasikan pekerjaan konstruksi lambung dan perpipaan. Sama seperti kapal lainnya,
pembangunan kapal Ferry merupakan pekerjaan yang kompleks, sehingga peluang keterlambatan cukup besar, sehingga sebuah perencanaan jaringan kerja dibutuhkan
untuk mengatur dan mengelola proses pembangunan.
Objek dalam penelitian ini merupakan kapal Ferry Ro-Ro 750 GT yaitu KMP Lakaan yang dibangun oleh PT Industri Kapal Indonesia Makassar (Persero). Perincian dan pengelompokkan kegiatan dalam perakitan blok menggunakan
metode Product Work Breakdown Structure (PWBS), sedangkan metode analisa jaringan kerja menggunakan Critical Path Method. Tujuan akhir dari penelitian ini
adalah menentukan durasi perakitan tiap blok dan mengidentifikasi aktivitasaktivitas yang berada pada lintasan kritis. Variabel-variabel penting dalam
penentuan durasi ialah beban kerja dari setiap kegiatan, nilai produktivitas dan jumlah tenaga kerja yang dipakai.
Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan durasi perakitan pembangunan blok lambung yang terdiri dari sembilan blok sebagai berikut: 65.99 jam, 89.98 jam, 106.87 jam, 197.80 jam, 185.16, 218.41, 219.42 jam, 186.91 jam dan 95.18 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 16 Sep 2021 05:32
Last Modified: 16 Sep 2021 05:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item
View Item