EVALUASI KINERJA PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN MAKASSAR


PRATIWI, RISDAYANI (2019) EVALUASI KINERJA PELAYANAN KAPAL DI PELABUHAN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_D31114318_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_D31114318(FILEminimizer)...ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_D31114318(FILEminimizer)...ok dapus-lam.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_D31114318(FILEminimizer)...ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Risdayani Pratiwi. 2018. “Evaluasi Kinerja Pelayanan Kapal di Pelabuhan Makassar”.Skripsi, Jurusan Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Pembimbing I: Misliah Idrus Pembimbing II:Abdul Haris Djalante
Dalam pelabuhan terdapat berbagai macam pelayanan jasa untuk melancarkan kegiatan transportasi laut. Salah satu pelayanan jasa yang sangat penting di suatu pelabuhan adalah jasa pelayanan kapal. Pelayanan kapal ini mencakup dari kapal datang hingga kapal keluar. Pelabuhan Makassar mempunyai kunjungan arus kapal yang cukup tinggi dengan
peningkatan arus kunjungan rata-rata pada tahun 2013-2017 sebesar 1,07%. Adapun pencapaian standar waktu Approach Time kapal di pelabuhan makassar, terdapat kunjungan kapal yang belum memenuhi standar kinerja waktu approach time yaitu 1,25 jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pencapaian kinerja pelayanan kapal di
Pelabuhan Makassar, dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan kapal di Pelabuhan Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah,
metode peta kendali dan metode importance performance analysis. Berdasarkan hasil analisa dan didapatkan bahwa untuk dermaga soekarno dan hatta masih terdapat 406
kunjungan kapal yang waktu pemanduan dan tundanya masih melebihi standar yaitu 1,25 jam. Untuk Terminal Soekarno, batas kendali atasnya (UCL) yang merupakan garis batas
atas untuk suatu penyimpangan yang masih diizinkan didapatkan sebesar 135,6 menit dan terdapat 52 kapal yang approach timenya melewati batas kendali atas (UCL). Untuk
Terminal Hatta batas kendali UCLnya sebesar 133,3 menit dan terdapat 23 kapal approach timenya melewati batas kendali atas. Berdasarkan pemetaan dengan metode
IPA, atribut yang tingkat kepentingannya tinggi namun kinerjanya rendah adalah kecukupan fasilitas pandu dan tunda dan kedalaman kolam pelabuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 16 Sep 2021 05:30
Last Modified: 16 Sep 2021 05:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item
View Item