PENGARUH INFORMASI PERBUP NO. 42 TAHUN 2020 TENTANG KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 TERHADAP PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT DI KAB. ENREKANG = INFLUENCE OF INFORMATION ON PERBUP NO. 42 OF 2020 CONCERNING POLICIES FOR HANDLING COVID-19 ON PUBLIC PERCEPTIONS AND BEHAVIORS IN ENREKANG REGENCY

NURTAKWA, NURTAKWA (2021) PENGARUH INFORMASI PERBUP NO. 42 TAHUN 2020 TENTANG KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 TERHADAP PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT DI KAB. ENREKANG = INFLUENCE OF INFORMATION ON PERBUP NO. 42 OF 2020 CONCERNING POLICIES FOR HANDLING COVID-19 ON PUBLIC PERCEPTIONS AND BEHAVIORS IN ENREKANG REGENCY. Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022191005_tesis cover1.png

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022191005_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022191005_tesis dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022191005_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

NURTAKWA. Pengaruh Informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Penanganan Covid-19 Terhadap Persepsi dan Perilaku Masyarakat di Kab. Enrekang, (dibimbing oleh Andi Alimuddin Unde dan Muhammad Farid).
Penelitian ini bertujuan (1) mengukur tingkat terpaan informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 melalui sosialisasi langsung dan media sosial pada masyarakat Enrekang Kota, (2) menganalisis persepsi masyarakat Enrekang Kota tentang informasi Perbup No. 42 Tahun 2020; (3) menganalisis perilaku masyarakat Enrekang Kota setelah menerima informasi Perbup No. 42 Tahun 2020; dan (4) mengukur pengaruh informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 terhadap persepsi dan perilaku masyarakat Enrekang Kota.
Lokasi penelitian ini adalah Enrekang Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 398 sampel yang diperoleh dengan teknik penyampelan klaster. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara regresi sederhana dengan bantuan Program SPSS versi 21 untuk mengukur pengaruh informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 terhadap persepsi dan perilaku masyarakat Enrekang Kota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat terpaan informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 di media sosial dan sosialisasi langsung berada di kategori rendah dengan mengukur frekuensi, atensi, dan durasi dalam mengakses, mengikuti, dan membaca informasi; (2) persepsi masyarakat tentang kehadiran informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 positif; (3) perilaku masyarakat setelah menerima informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 berada pada kategori patuh terhadap protokol kesehatan, memakai masker, dan mencuci tangan, sedangkan pada physical distance dan sosial distance berada pada kategori kurang patuh; dan (4) informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi dan perilaku masyarakat Enrekang Kota. informasi Perbup No. 42 Tahun 2020 memberi kontribusi pengaruh terhadap persepsi masyarakat sebesar 73,8% dan hanya 20,3% terhadap perilaku masyarakat.
Kata kunci: informasi, Perbup, Covid-19, persepsi, perilaku

Item Type: Thesis (Thesis-S2)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:14
Last Modified: 16 Sep 2021 02:14
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item
View Item