PERILAKU KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 10 PAREPARE

NURSYAHBANI, KARTIKA (2021) PERILAKU KOMUNIKASI GURU DAN MURID DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 10 PAREPARE. Skripsi-S1 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171516_skripsi cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171516_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171516_skripsi dp.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171516_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

KARTIKA NURSYAHBANI. Perilaku Komunikasi Guru Dan Murid Dalam Kegiatan Pembelajaran Daring di SMPN 10 Parepare, (Dibimbing oleh Mursalim dan Sudirman Karnay).
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi antara guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar secara daring di SMP Negeri 10 Parepare, (2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perilaku komunikasi antara guru dan murid dalam proses pembelajaran secara daring di SMP Negeri 10 Parepare.
Penelitian ini dilakukan di Kota Parepare, khususnya di SMP Negeri 10 Parepare selama tiga bulan sejak bulan April hingga Juni 2021. Tipe penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif yang yang bersifat deskriptif dengan membagikan kuesioner ke 262 responden. Penentuan 262 responden tersebut dilakukan dengan teknik penarikan sampel berstrata proporsional menggunakan teknik stratified sampling model Issac & Michael, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan program Komputer SPSS 16, lalu data dianlisis menggunakan analisa korelasi Chi Square dengan dukungan tabel frekuensi sederhana kemudian dijabarkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi murid dan guru SMP Negeri 10 Parepare dalam kegiatan pembelajaran daring tergolong sangat sering berkomunikasi menggunakan platform belajar daring yang disediakan, dengan melakukan akumulasi frekuensi durasi belajar murid di rumah selama pembelajaran daring setiap harinya dan bentuk proses pembelajaran yang dilakukan murid dan guru, mencakup interaksi melalui kelas online yang disediakan guru, interaksi melalui video conference, interaksi melalui chat, dan interaksi melalui email. Model pembelajaran selama pembelajaran daring terlihat bahwa murid lebih banyak menyukai melakukan tugas individu dan model ceramah daripada tugas kelompok atau diskusi, dikarenakan murid sebagian besar belajar menggunakan berbagai sumber belajar digital (e-book, youtube, google, dan lain-lain). Sedangkan factor yang karakteristik individu yang paling mempengaruhi perilaku komunikasi antara guru dan murid yaitu jenis kelamin murid.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Model Pembelajaran, Perilaku Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi-S1)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:51
Last Modified: 16 Sep 2021 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item
View Item