Anita, Anita (2021) KERJASAMA INDONESIA - MALAYSIA DALAM PENINGKATAN TARAF PENDIDIKAN ANAK TKI DI NEGERI SABAH = THE COOPERATION OF INDONESIA – MALAYSIA IN IMPROVING THE EDUCATION LEVEL OF INDONESIAN LABOUR’S CHILDREN IN THE STATE OF SABAH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E13114010_skripsi cover1.png
Download (145kB) | Preview
E13114010_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
E13114010_skripsi dp.pdf
Download (150kB)
E13114010_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Anita, E13114010. “Kerjasama Indonesia-Malaysia Dalam Peningkatan Taraf Pendidikan Anak TKI Di Negeri Sabah”, di bawah bimbingan H. Darwis, MA. Ph.D selaku pembimbing I dan Aswin Baharuddin, S.IP, MA selaku pembimbing II, di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan tantangan dari kerjasama Indonesia-Malaysia dalam peningkatan taraf pendidikan anak-anak TKI yang ada di Negeri Sabah, Malaysia. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif deskripstif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan tantangan dari kerjasama Indonesia-Malaysia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah pustaka yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dokumen, artikel, maupun media elektronik seperti internet. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan analisis data kualitatif dengan metode penulisan deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Malaysia melalui kerjasama bilateral kedua negara dalam menyelesaikan permasalahan anak TKI yang berada di negeri Sabah. Indonesia mengimplementasikan kebijakan luar negerinya dengan tujuan untuk mencapai kepentingan nasionalnya, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam penjalanannya, disertai dengan dikeluarkannya Pedoman Penubuhan CLC di negeri Sabah oleh Kementerian Pelajaran Malaysia, Indonesia menjalankan beberapa kebijakan untuk memudahkan pemberian layanan pendidikan kepada anak-anak TKI. Diantaranya mendirikan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), terbentuknya Community Learning Center (CLC), pelaksanaan pengiriman guru Indonesia ke Sabah hingga program repatriasi, serta penerbitan dokumen resmi atau dokumen kependudukan, yakni berupa Paspor, Surat Akta Kelahiran, dan Surat Pernikahan. Kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Malaysia dapat dikatakan cukup efektif dilihat dari adanya penambahan jumlah guru disertai penambahan jenjang pendidikan yang tersedia yaitu CLC SD serta CLC tingkat SMP yang banyak tersebar dan berbanding lurus dengan bertambahnya anak-anak TKI yang dapat mengakses pendidikan/mendapatkan layanan pendidikan.
Kata Kunci: Kerjasama Indonesia-Malaysia, Community Learning Center (CLC), Pendidikan Anak TKI di Sabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 00:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 00:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6425 |