GAMBARAN PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN MENGENAI TEKNIS PELAYANAN RUMAH SAKIT PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI RSUD KH. HAYYUNG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR


DAMAYANTI, NADIA SRI (2021) GAMBARAN PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN MENGENAI TEKNIS PELAYANAN RUMAH SAKIT PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI RSUD KH. HAYYUNG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011191121_skripsi cover1.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191121_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191121_skripsi dp.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191121_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nadia Sri Damayanti, “Gambaran Pengetahuan Petugas Kesehatan Mengenai Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di RSUD KH. Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar ” dibimbing oleh Kusrini Kadar dan Abdul Majid
Latar Belakang: Pedoman pelayanan kesehatan selama pandemi meliputi pengaturan alur layanan, pembagian zona resiko COVID dan NON COVID, penerapan prinsip PPI, pengembangan system inovasi pelayanan kesehatan dan penguatan rujukan, Penelitian ini bertujuan mengevaluasi proses pelayanan kesehatan pada pasien selama pandemi di Rumah Sakit Kabupaten Kepulauan Selayar
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.
Hasil : Pengetahuan rendah terkait registrasi online 53 responden (66,25 %), pengertian skrining 51 orang (63,75 %) dan tempat skrining 52 orang (65 %), untuk observasi ketidaksediaan tempat skrining, registrasi online dengan kajian mandiri, dan triase rawat jalan, Pengetahuan rendah terkait pengertian zona COVID 19 52 orang (65 %), tujuan pembagian zona COVID 19 45 orang (56,25 %), solusi pelayanan jika terhambat ruangan sebanyak 51 orang (63,75 %), serta pembagian jadwal pelayanan pada instalasi rawat jalan 51 orang (63,75 %), untuk item observasi yaitu area rawat jalan tidak terpisah COVID 19 dan non COVID 19, jadwal pelayanan yang terpisah di instalasi rawat jalan serta tidak terdapat prosedur tindakan dekontaminasi dan sterilisasi ruangan untuk pelayanan di rawat jalan. Pengetahuan tentang penerapan prinsip PPI yang paling rendah adalah protokol kesehatan pasien sebanyak 32 orang (40 %), untuk observasi adalah tidak tersedianya tempat cuci tangan bagi pasien yang akan berobat ke Rumah Sakit, tidak ada pembagian masker bagi pasien yang tidak memakai masker dan pintu petugas keruang pelayanan sama dengan pintu pasien. Pengetahuan terkait penerapan Telemedicine 54 orang (67,5 %), pengertian telemedicine 53 orang (66,25 %), dan tujuan Telemedicine 49 orang (61,25 %), untuk item observasi tidak adanya pelaksanaan telemedicine.
Kesimpulan : Pengetahuan Pengaturan alur layanan, Pembagian zona resiko penularan covid 19, Penerapan prinsip PPI, Pengembangan sistem inovasi dan penguatan rujukan selama pandemi covid 19 didapatkan masih kurang dan juga belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan pedoman teknis sehingga perlu dilakukan untuk meminimalkan resiko penularan.
Kata Kunci : Pengetahuan, Covid 19, Pandemi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:43
Last Modified: 07 Sep 2021 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item
View Item