Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar


Riswan, Riswan (2020) Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116003_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116003_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116003_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116003_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pelayanan kesehatan merupakan hak mendasar bagi seluruh masyarakat yang penyediaanya wajib diselenggarakan oleh pemerintah, dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat indonesia. Pemerintah telah menyelenggarakan suatu upaya yaitu program jaminan kesehatan nasional (JKN), yang dilaksanakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS), dalam road map JKN yang telah dipaparkan ada 8 sasaran jaminan kesehatan nasional, salah satunya sasarannya adalah kepuasan pasien, dimana faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah kualitas pelayaan yang masih kurang didapatkan oleh pasien sehingga mereka tidak merasa puas dengan jasa layanaan kesehatan yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Cross Sectional study. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 789 orang dari rata-rata kunjungan perbulan pasien rawat inap tahun 2019, adapun jumlah kunjungan tahun 2019 sebanyak 9460 pasien. Pemilihan sampel menggunakan teknik accidental sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna pada variabel jaminan (assurance) (ρ=0,000), empati (emphaty) (ρ=0,007), dan bukti fisik (tangible) (ρ=0,047) terhadap kepuasan pasien. Adapun pada variabel kehandalan (reliability) (ρ=0,548) dan daya tanggap (responsiveness) (ρ=0,226) tidak menunjukkan hubungan yang bermakna terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, BPJS, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Daftar Pustaka : 48 (2002-2019)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Dec 2020 11:44
Last Modified: 06 Dec 2020 11:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item
View Item