PELAKSANAAN PRINSIP KETERBUKAAN TERHADAP PENGADUAN MASYARAKAT PADA POLISI RESORT ENREKANG


INTAN, NUR (2021) PELAKSANAAN PRINSIP KETERBUKAAN TERHADAP PENGADUAN MASYARAKAT PADA POLISI RESORT ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
B12116033_skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116033_skripsi 1-2.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116033_skripsi dp.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116033_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Intan (B121 16 033), dengan judul “Pelaksanaan Prinsip Keterbukaan Terhadap Pelayanan Pengaduan Pada Polisi Resort Enrekang” Di bawah bimbingan Marthen Arie selaku Dosen Pembimbing I dan Ariani Arifin selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Prinsip Keterbukaan Terhadap Pelayanan Pengaduan Pada Polisi Resort Enrekang, serta untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Menghambat Pelaksanaan Prinsip Keterbukaan Pada Polisi Resort Enrekang.
Penelitian ini dilakukan di Polres Enrekang Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dari responden dengan mengadakan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan Prinsip Keterbukaan Terhadap Pelayanan Pengaduan Pada Polisi Resort Enrekang belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan proses pelayanan yang belum memberikan kejelasan mengenai permasalahan yang di adukan dan masih adanya diskriminasi yang di lakukan oleh petugas kepolisian tersebut. Di mana telah dijelaskan pada indikator pelayanan bahwa a) merespon setiap pelanggan/ pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan, bahwa petugas/ aparat yang melakukan pelayanan telah melaksanakan dengan baik. b) petugas/ aparatur melakukan pelayanan dengan cepat juga telah dilaksanakan sebagaimana mestinya. c) petugas/ aparatur melakukan pelayanan dengan cermat, bahwa petugas telah melakukan pelayanan dengan cermat dan sesuai dengan keinginan masyarakat. d) petugas/ aparatur telah melakukan pelayanan dengan tepat, bahwa dsini masih belum sesuai dengan keinginan masyarakat, karena adanya system diskriminasi yang dilakukan oleh petugas/apparat kepolisian (2) Faktor yang menghambat pelaksanaan Prinsip Keterbukaan Terhadap Pelayanan Pengaduan Pada Polisi Resort Enrekang bersumber dari pegawai selaku pemberi jasa pelayanan meliputi sistem dan prosedur kerja belum dikuasai sepenuhnya oleh sebagian pegawai, belum ada pengawasan ketat terhadap kinerja pegawai, serta kurangnya kesadaran dari pegawai itu sendiri. Selain dari pegawai, masyarakat juga memegang peran penting untuk terciptanya pelayanan yang baik dan tepat waktu.Kurangnya pemahaman dari masyarakat mengenai prosedur dan persyaratan dari jenis pelayanan pengaduan yang mereka urus akan membuat terkendalanya Prinsip Keterbukaan dalam pengurusan permasalahan yang dilaporkan pada Kantor Polisi Resort Enrekang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:39
Last Modified: 06 Sep 2021 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item
View Item