COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH VOKASI DI KOTA MAKASSAR

FAISAL, ANDI FAHRI (2021) COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH VOKASI DI KOTA MAKASSAR. Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E062191001_tesis cover1.png

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E062191001_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E062191001_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E062191001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Fahri Faisal, NIM: E062191001: Collaborative Governance Dalam Penyelenggaraan Sekolah Vokasi di Kota Makassar; Dibimbing oleh (Prof. Dr. Rasyid Thaha, M.Si dan Dr. Suhardiman Samsu, M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk menhgetahui collaborative governance dalam penyelenggaraan sekolah vokasi di Kota Makassar dan Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat collaborative governance dalam penyelenggaraan sekolah vokasi di kota Makassar. Lokasi penelitian terfokus pada sekolah menengah kejuruan yang ada di kota Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan dalam penyelenggaraan collaborative governance untuk mengelola pendidikan vokasi di kota Makassar menggunakan pendekatan Ansell dan Gash, sudah dijalankan oleh stake holder namun ada beberapa bidang yang belum melibatkan masyarakat dalam menjalankan collaborative governance. Faktor pendukung collaborative governance dalam penyelenggaraan sekolah vokasi di kota Makassar adalah (1) Adanya Struktur Hierarki, (2) Adanya komitmen dalam menjalankan tugas (3) Adanya pengambilan keputusan bersama. Sementara penghambatnya ialah (1) Belum adanya desain kelembagaan/instisionalisasi yang khusus bekerja untuk kolaborasi dalam penyelenggaraan sekolah vokasi di kota Makassar. (2) Adanya culture Budaya acuh/apatis seluruh stake holders dalam kolaborasi untuk penyelenggaraan sekolah vokasi di kota Makassar. Hasil penelitian diharapkan menjadi bahan komparatif dalam collaborative governance dalam aspek pendidikan vokasi di Indonesia dan dunia internasional.
Kata Kunci : Collaborative, Stake Holder, dan Sekolah Vokasi

Item Type: Thesis (Thesis-S2)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:18
Last Modified: 30 Aug 2021 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item
View Item