STUDI TINGKAT KEBISINGAN PADA KAWASAN DI SEKITAR JALUR JALAN (FRONTAGE) TOL MAKASSAR


WAHYUNY, FEMY (2021) STUDI TINGKAT KEBISINGAN PADA KAWASAN DI SEKITAR JALUR JALAN (FRONTAGE) TOL MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131171501_skripsi cover1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131171501_skripsi 1-2.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131171501_skripsi dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131171501_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

FEMY WAHYUNY. Studi Tingkat Kebisingan pada Kawasan di Sekitar Jalur Jalan (Frontage) Tol Makassar (dibimbing oleh Muralia Hustim dan Dantje Runtualo).
Salah satu cara pemerintah dalam mengembangkan proyek infrastruktur setelah proyek jalan tol adalah frontage road. Frontage road merupakan perwujudan dalam pelaksanaan program revitalisasi akses masuk dan jalan keluar tol yang dapat mempermudah sarana dan prasarana transportasi bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan adanya frontage road ini dapat menimbulkan kebisingan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik tingkat kebisingan dan tingkat kebisingan di Frontage Tol Makassar.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah titik pengamatan penelitian sebanyak 9 titik. Pengambilan data dilakukan selama 10 menit untuk mewakili tiap jam yang dimulai dari pukul 7.00-18.00 WITA. Kemudian data tersebut diolah dengan analisis perhitungan LAeq dan Uji Paired Samples T-Test menggunakan program SPSS.
Karakteristik tingkat kebisingan pada semua titik pengamatan di Frontage Tol Makassar berbeda-beda, dimana setiap titik memiliki volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, jumlah klakson yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan perbedaan fungsi jalan dan guna lahan pada tiap titik pengamatan. Berdasarkan hasil Uji Paired Samples T-Test, data pengukuran tingkat kebisingan antara pagi dan siang hari sama secara statistik. Sedangkan data pengukuran siang hari dan sore hari tidak sama secara statistik, begitu pun data pagi hari dan sore hari.
Hasil analisis tingkat kebisingan menunjukkan bahwa nilai LAeq day untuk tiap titik pengamatan telah melampaui baku mutu tingkat kebisingan yang telah dipersyaratkan oleh KepMen-LH No. 48 Tahun 1996 untuk kawasan pendidikan, perumahan dan pemukiman, serta perdagangan dan jasa, yaitu 55 hingga 70 dB. Nilai LAeq day maksimum berada pada titik pengamatan F6 sebesar 78,83 dB dan nilai LAeq day minimum berada pada titik pengamatan F2 sebesar 70,60 dB. Selain itu, dilakukan juga perbandingan hasil pengukuran dengan batasan teknis kapasitas lingkungan jalan yang tercantum dalam pedoman PU No. 13 Tahun 2003 mengenai batas maksimum dan minimum nilai Leq10 dan LAeq.
Kata Kunci: Frontage, Tol Makassar, Kebisingan, SPSS, 10176566 SLM Datalogger

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:49
Last Modified: 30 Aug 2021 03:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item
View Item