ANALISIS KEKUATAN DAN KEKAKUAN KONSTRUKSI PONDASI MOTOR PENGGERAK KAPAL ALUMINIUM KPC 40


AFDILLAH, DWI RESTU (2021) ANALISIS KEKUATAN DAN KEKAKUAN KONSTRUKSI PONDASI MOTOR PENGGERAK KAPAL ALUMINIUM KPC 40. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116008_skripsi cover1.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116008_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116008_skripsi dp.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Restu Afdillah, Dwi. 2021. “Analisis Kekuatan dan Kekakuan Konstruksi Pondasi Motor Penggerak Kapal Aluminium KPC 40” (Dibimbing oleh Andi Ardianti dan Hamzah)
Untuk mencapai kecepatan tinggi sesuai fungsi dan misi kapal, dibutuhkan motor penggerak dengan daya yang sangat besar sehingga pondasi motor menjadi perhatian lebih agar tidak berakibat fatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kekakuan pondasi motor diesel penggerak kapal dengan konstruksi aluminium. Beban yang digunakan dalam penelitian ini adalah beban dari motor penggerak itu sendiri, tambahan beban percepatan, momen torsi dan gaya dorong propeller. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dan dibantu dengan software ANSYS Workbench. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tegangan terbesar pada kondisi 100%RPM atau 667 RPM yang diterima oleh pondasi motor diesel pada arah X sebesar 37,237 Mpa, tegangan maksimal pada arah Y sebesar 67,5249 Mpa, tegangan maksimal pada arah Z sebesar 44,944 Mpa, dan tegangan von misses yang terjadi sebesar 58,711 Mpa lebih kecil daripada tegangan ijin material sebesar 138,182 MPa berdasarkan The Aluminium Association. Rentang tegangan yang terjadi setiap kondisi RPM masih berada dibawah tegangan izin yang disyaratkan. Besar deformasi yang terjadi pada struktur pondasi mesin pada kondisi 100%RPM sebesar 0,387 mm dimana merupakan nilai deformasi total terkecil dibanding pada kondisi RPM yang lain.
Kata kunci: Pondasi Motor Penggerak Kapal, Metode Elemen Hingga, ANSYS Workbench

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:51
Last Modified: 24 Aug 2021 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item
View Item