ASRIANI, ASRIANI (2026) ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN MADU TRIGONA (TETRAGONULA BIROI) TERHADAP JUMLAH LACTOBACILLUS SP., BIFIDOBACTERIUM SP., CLOSTRIDIUM SP., ESCHERICHIA COLI, KADAR INDOXYL SULFAT, INTERLEUKIN-6 DAN PROGRESIVITAS PENYAKIT PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS=ANALYSIS OF THE EFFECT OF GIVING TRIGONA HONEY (TETRAGONULA BIROI) ON THE NUMBER OF LACTOBACILLUS SP., BIFIDOBACTERIUM SP., CLOSTRIDIUM SP., ESCHERICHIA COLI, INDOXYL SULFATE LEVELS, INTERLEUKIN-6 AND DISEASE PROGRESSIVITY IN CHRONIC KIDNEY DISEASE PATIENTS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
C013191035-UuNcjAHnITfg9Xbe-20260313130607.png
Download (121kB)
C013191035-1-2.pdf
Download (755kB)
C013191035-dp.pdf
Download (273kB)
C013191035-fulll.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2028.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK Pendahuluan : Disbiosis mikrobiota usus pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) menyebabkan peningkatan bakteri proteolitik dan penurunan bakteri sakarolitik sehingga terjadi peningkatan produksi toksin uremik seperti indoxyl sulfat, yang menginduksi inflamasi melalui jalur gut-kidney axis yang mempercepat progresivitas PGK. Madu trigona berperan sebagai sinbiotik dan memiliki kandungan polifenol yang tinggi sehingga dapat memodulasi mikrobiota usus. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemberian Madu trigona terhadap jumlah Bifidobacterium Sp., Lactobacillus Sp., Clostridium Sp., Escherichia coli, kadar Indoxyl Sulfat (IS), Interleukin-6 (IL-6) dan progresivitas penyakit sebelum dan setelah intervensi pada pasien PGK. Metode : Double blind Randomized Controlled Trial selama 60 hari pada pasien PGK usia 18-60 tahun, stadium 3b-5 non dialisis dan tidak mengkonsumsi prebiotik, probiotik, sinbiotik, anti oksidan dan antibiotik dalam 1 bulan terakhir. Diberikan edukasi diet rendah protein dan dilakukan random menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok perlakuan (n=20) mendapatkan madu trigona dan kelompok kontrol (n=20) mendapat plasebo. Kedua kelompok diberikan intervensi selama 60 hari. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan secara signifikan jumlah Bifidobacterium Sp. dibandingkan kelompok kontrol (p=0.025; p=0.269). Tidak terjadi perubahan signifikan pada jumlah Lactobacillus Sp., Clostridium Sp., Escherichia coli, kadar Indoxyl Sulfat dan Interleukin-6 pada kedua kelompok. Marker progresivitas penyakit berupa laju filtrasi glomerulus (LFG) lebih meningkat pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol walaupun tidak signifikan dan rasio albumin kreatinin urin pada kedua kelompok terjadi penurunan yang signifikan (p=0.023 vs p=0.033). Kesimpulan : Pemberian madu trigona pada pasien PGK menurunkan jumlah Bifidobacterium Sp. dan rasio albumin kreatinin urin secara signifikan namun tidak menunjukkan perubahan signifikan pada jumlah Lactobacillus Sp., Clostridium Sp., E.Coli, IS, IL 6, dan LFG. Kata kunci : Madu trigona, penyakit ginjal kronik, Bifidobacterium Sp., Lactobacillus Sp., Clostridium Sp., E. Coli, indoxyl sulfat, interleukin 6, laju filtrasi glomerulus, rasio albumin kreatinin urin.
| Item Type: | Thesis (Thesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Madu trigona, penyakit ginjal kronik, Bifidobacterium Sp., Lactobacillus Sp., Clostridium Sp., E. Coli, indoxyl sulfat, interleukin 6, laju filtrasi glomerulus, rasio albumin kreatinin urin. |
| Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine |
| Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
| Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
| Date Deposited: | 11 Aug 2026 01:19 |
| Last Modified: | 11 Aug 2026 01:19 |
| URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/56841 |
