ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL STUDI KASUS JALAN BORONG RAYA – JALAN TODOPPULI RAYA TIMUR – JALAN BATUA RAYA


AMIN, UTAMI PRATIWI (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL STUDI KASUS JALAN BORONG RAYA – JALAN TODOPPULI RAYA TIMUR – JALAN BATUA RAYA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_D11114526_Cover1.jpg

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_D11114526(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_D11114526(FILEminimizer)..ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_D11114526(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pertumbuhan kendaraan bermotor di kota Makassar mencapai 7% per tahun, sedangkan pertumbuhan jalan <1 % per tahun (Dinas Perhubungan Kota Makassar, 2017). Ketidak seimbangan antara nilai pertumbuhan kendaraan bermotor dengan peningkatan kapasitas jalan menyebabkan masalah pada sektor transportasi seperti kemacetan. Kemacetan sering kali terjadi pada ruas dan simpang, khususnya pada jam puncak. Penelitian ini dilakukan pada Simpang Tiga jalan batua raya – jalan toddopuli raya timur – jalan batua raya dan penelitian ini berfokus pada karakteristik kinerja simpang. Penelitian ini dilaksanakan di simpang tak bersinyal jalan batua raya – jalan toddopuli raya timur – jalan batua raya selama waktu kerja yang dimulai pukul 06.00-18.00 WITA. Data yang diperlukan antara lain karakteristik kendaraan dan geometrik jalan. Metode survei yang digunakan untuk pengukuran volume yaitu pengamatan secara langsung, dan untuk pengukuran kecepatan menggunakan speed gun. Metode analisis yang digunakan untuk menghitung kinerja lalu lintas simpang pada studi ini adalah MKJI 1997 dan pendekat model mikro-simulasi lalu lintas berbasis Vissim, langkah awal dalam menghitung kinerja simpang yaitu dengan melakukan perhitungan menggunakan MKJI 1997 setelah itu dibuatkan model simulasi berbasis vissim, kalibrasi menggunakan Uji GEH terhadap parameter panjang antrian kendaraan kemudian membandingkan hasil MKJI 1997 dan hasil simulasi berbasis vissim . Berdasarkan hasil simulasi bahwa parameter kalibrasi tiap periode jam pucak ada yang sama dan berbeda. Analisa yang di lakukan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI) 1997 dengan Software Vissim, hasil yang paling mendekati dengan hasil lapangan yang ada dengan menggunakan Software Vissim. Dapat disimpulkan bahwa metode manual kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 sudah tidak signifikan untuk digunakan lagi.
Kata Kunci : MKJI1997, Mikro-Simulasi, Parameter Model, Uji GEH, Vissim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:26
Last Modified: 23 Aug 2021 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item
View Item