KAPASITAS DAYA DUKUNG ELEMEN BLOK GEOKOMPOSIT STABILISASI LIMBAH ASPAL BUTON


MARFU’AH AS, NURUL (2019) KAPASITAS DAYA DUKUNG ELEMEN BLOK GEOKOMPOSIT STABILISASI LIMBAH ASPAL BUTON. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_D11114314_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_D11114314(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_D11114314(FILEminimizer)..ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_D11114314(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kerusakan jalan sebagian besar disebabkan oleh rendahnya kapasitas dukung dari lapisan pondasinya dalam menerima beban kendaraan yang melintas diatasnya. Hal ini tidak lepas dari sifat material timbunan yang digunakan, baik itu sirtu, kerikil, maupun tanah. Material timbunan yang baik adalah material yang mempunyai daya dukung tinggi namun tidak menjadi beban untuk lapisan dibawahnya. Material timbunan ringan merupakan solusi untuk mereduksi kerusakan jalan akibat lapis pondasi pada konstruksi jalan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan material timbunan geokomposit ringan dengan mengganti sebagian tanah lempung dengan expanded polysterene (EPS) yang distabilisasi dengan limbah aspal buton (BAW). Variasi limbah aspal buton yang digunakan sebesar 3%,5%,7% dan 9%, sementara variasi EPS yang diberikan sebesar 0,15% dan 0,3 %. Pemeraman benda uji dilakukan selama 7 dan 28 hari. Hasil pengujian menunjukkan bahwa subtitusi tanah dengan EPS mampu mereduksi kepadatan kering sebesar 10% hingga 20%, adapun masa pemeraman 7 hari dapat meningkatkan nilai CBR sebesar 5 kali pada EPS 0,15% dan 4 kali pada EPS 0,30%. Sedangkan masa pemeraman 28 hari dapat meningkatkan nilai CBR sebesar 10 kali pada EPS 0,15% dan 6 kali pada EPS 0,3%. Berdasarkan Persyaratan nilai CBR dalam SNI 03-3437-1994 dan SNI 03-3438-1994, untuk pengaplikasian sebagai lapis pondasi bawah (LPB), semua variasi memenuhi kecuali : variasi 0,15% EPS dengan BAW 9%, dan variasi 0,3% EPS dengan BAW 3% dan 9%.
Kata kunci : Kerusakan jalan,daya dukung,stabilisasi,limbah aspal buton,CBR, EPS,Lapis pondasi bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:25
Last Modified: 23 Aug 2021 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item
View Item