PASAR INDUSTRI KREATIF DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER


FATAHILLAH, ANDI MUHAMMAD (2021) PASAR INDUSTRI KREATIF DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115322_skripsi COVER1.png

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115322_skripsi 1-2.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D51115322_skripsi(FILEminimizer) dp.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115322_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Muhammad Fatahillah. D511 15 322. “Pasar Industri Kreatif di Kota Bandung dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer” dibimbing oleh Rahmi Amin Ishak S.T., M.T. dan Dr. Ir. Syarif Beddu, S.T., M.T.
Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini, industri kreatif di Indonesia semakin mendapat prioritas dalam kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Pemerintah Indonesia menetapkan 16 subsektor industri kreatif dengan delapan subsektor yang menjadi fokus pengembangan yaitu desain, fashion, arsitektur, film dan video, radio, musik, dan perangkat lunak yang membutuhkan tempat-tempat kreatif yang dapat menampung segala kegiatan kreatif di dalamnya. Kota Bandung merupakan salah satu barometer industri kreatif di Indonesia. Belum
adanya wadah yang mampu menjadi pusat promosi, pemasaran dan pengembangan industri kreatif lokal di Kota Bandung, sehingga memerlukan pembangunan infrastruktur serta pendukung lainnya berupa Pasar Industri Kreatif, yang dapat memajukan perekonomian masyarakat Kota Bandung. Agar daya saing kreatif masyarakatnya akan semakin tinggi dan berkembang. Untuk itu, perancangan Pasar Industri Kreatif ini bertujuan untuk menjadi pusat kegiatan perekonomian yang berisi pemusatan pemasaran produk-produk industri kreatif di Kota Bandung, memberikan layanan, informasi dan advokasi kepada pelaku kegiatan industry kreatif dengan menjadi bangunan komersil yang mampu menjadi ikon dari produk unggulan Kota Bandung. Metode proses perancangan Pasar Industri Kreatif di Bandung diawali dengan melakukan studi kasus tentang wadah yang menunjung pasar industri kreatif, penikmat industri kreatif, serta event-event dan festival untuk memperoleh gambaran yang cukup lengkap mengenai karakteristik dan kondisi yang ada. Kemudian dari proses studi kasus tesebut dapat tersusun suatu landasan program perencanaan dan perancangan Pasar industri kreatif di kota Bandung dengan pendekatan arsitektur kontemporer. Hasil yang diperoleh dari proses perancangan yaitu Pasar Industri Kreatif di Bandung dengan mewadahi aktivitas terkait untuk pengelola, para pelaku industri kreatif, serta pengunjung yang melahirkan kebutuhan ruang yang cocok pada bangunan seperti Exhibition hall, retail, tenant, gallery, workshop, classroom, cafeteria, restaurant, sky lounge, amphitheater , auditorium dan office.
Kata Kunci: Pasar, Industri Kreatif, Bandung, Arsitektur Kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:09
Last Modified: 23 Aug 2021 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item
View Item