YUSRAN, MUHAMMAD (2021) MANAJEMEN SUPPLY CHAIN RESILIENCE DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA TERMINAL PETIKEMAS PELABUHAN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D32114014_skripsi cover1.png
Download (241kB) | Preview
D32114014_skripsi 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (912kB)
D32114014_skripsi dp(FILEminimizer).pdf
Download (371kB)
D32114014_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Ketahanan rantai pasok pada aspek logistic maritime sangat diperlukan saat ini untuk mengurangi potensi risiko yang akan terjadi pada perusahaan atau penyedia jasa dalam industri maritim. Ketahanan rantai pasok adalah kemampuan perusahaan untuk dapat kembali ke kondisi semula atau lebih diinginkan setelah mengalami gangguan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganaliis dan menciptakan mitigasi potensi risiko pada ketahanan rantai pasok di terminal bongkar muat peti kemas Makassar New Port yang merupakan bagian dari aktivitas ekspor - import logistic maritim nasional. Penelitian ini menggunakan teori quality function deployment dengan pendekatan matriks house of quality untuk menilai kebutuhan pelanggan sebagai pengguna jasa bongkar muat dan makassar new port sebagai perusahaan penyedia jasa kepelabuhanan, kemudian mengadopsi teori diagram fishbone sebagai formula dalam mengidentifikasi penyebab risiko dalam pelayanan bongkar di Makassar New Port yang akan diklasifikasikan menggunakan skala likelihood untuk mendapatkan resilience measures sebagai langkah mitigasi yang tepat bagi Makassar New Port untuk memperkuat ketahanan rantai pasok dalam merumuskan skala prioritas mitigasi, penelitian ini menerapkan penilaian efectiviness untuk menemukan 5 besar resilience measures sebagai langkah utama mitigasi ketahanan rantai pasok pada aktivitas bongkar di terminal yaitu pengecekan ulang terhadap dokumen dari pelanggan, memilih bekerja sama dengan vendor trucking profesional, bekerja sama dengan vendor crane profesional, menambah volume waktu maintanance dan menyediakan back-up sparepart mesin digudang, memberikan pelatihan mengenai ekspor-impor, cara berkomunikasi serta pelatihan administrasi dan melakukan penilaian kinerja karyawan dengan pendekatan KPI (Key Performance Indikator) tiap bulan.
Kata Kunci : House of quality, logistik maritim, QFD. Skala likelihood, nilai
effectiviness.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 00:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 00:05 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5587 |