INVESTIGASI EKSPERIMEN COURSE-KEEPING STABILITY KAPAL TONGKANG DENGAN VARIASI BENTUK DAN DIMENSI SKEG SKRIPSI


HASRUL, HASRUL (2021) INVESTIGASI EKSPERIMEN COURSE-KEEPING STABILITY KAPAL TONGKANG DENGAN VARIASI BENTUK DAN DIMENSI SKEG SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116314_skripsi COVER1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116314_skripsi 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116314_skripsi DP(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116314_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Hasrul,” INVESTIGASI EKSPERIMEN COURSE-KEEPING STABILITY KAPAL TONGKANG DENGAN VARIASI BENTUK DAN DIMENSI SKEG”(dibimbing oleh Suandar Baso dan Andi Dian Eka Anggriani)
Dalam merancang suatu kapal perlu diperhatikan beberapa aspek, salah satunya aspek penting yang perlu diperhatikan adalah tentang kemampuan olah gerak akibat gelombang air laut pada perairan yang diinginkan. Hal ini berkaitan dengan gerakan kapal yang merupakan respon suatu kapal dari gaya luar yang bekerja pada kapal tersebut. Gerakan yang ditimbulkan karena gaya luar yang bekerja atau gelombang air laut akan mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan penumpang atau awak kapal itu sendiri.
Salah satu parameter utama lainnya yang sangat menentukan terhadap stabilitas kapal adalah bentuk konstruksi lambung, maka dari itu dibutuhkan terobosan-terobosan terbaru untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu terobosan tersebut adalah dengan menambahan skeg pada bagian transome kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh pemasangan skeg terhadap stabilitas kapal yang dihasilkan sebelum dan sesudah pemasangan skeg.
Dalam pengujian ini ada dua(2) jenis skeg yang di bandingkan dengan tiga(3) sudut variasi. Dimana jenis skegya yaitu Acute Angel Skeg (AAS) dan Round Bend Skeg (RBS), dari hasil yang di dapatkan dimana panjang tali tidak mempengaruhi Amplitudo yang di hasilkan dari pengujian. Sedangkan untuk gerak swaying panjang tali sangat berpengaruh untuk Amplitudo yang di hasilkan. Pengaruh terbesar dari data swaying yang di peroleh adalah jenis skeg dan pengaruh kolam pada air. Untuk gerak yawing muatan 50% yang di hasilkan pada pengujian, dimana gerak yang paling netral di setiap panjang tali adalah jenis AAS 40°, sedangkan untuk gerak yawing muatan 100% yang di hasilkan pada pengujian, dimana gerak yang paling netral di setiap panjang tali adalah jenis AAS 40°. Untuk gerak swaying muatan 50% yang di hasilkan pada pengujian, dimana gerak yang paling netral di setiap panjang tali adalah jenis AAS 40°, Sedangkan untuk gerak swaying muatan 100% yang di hasilkan pada pengujian, dimana gerak yang paling netral pada 1L panjang tali adalah jenis AAS 40°. Berdasarkan hasil pengujian dari berbagi variasi bentuk skeg, berdasarkan pengaruh panjang tali dan variasi sarat, dapat di simpulkan bentuk Acute Angel Skeg 40° menghasilkan amplitudo dan gerak yang paling netral di bandingkan bentuk skeg lainnya.
Kata Kunci : Tongkang, Skeg, dan Course Keeping Stability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:35
Last Modified: 20 Aug 2021 07:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5583

Actions (login required)

View Item
View Item