STUDI KECEPATAN KAPAL FERRY PENUMPANG CEPAT AKIBAT PENAMBAHAN STERN FLAP : PENGARUH DIMENSI DAN BENTUK STERN FLAP


TASLIM, MUH. (2021) STUDI KECEPATAN KAPAL FERRY PENUMPANG CEPAT AKIBAT PENAMBAHAN STERN FLAP : PENGARUH DIMENSI DAN BENTUK STERN FLAP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116002_skripsi COVER1.png

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116002_skripsi 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116002_skripsi DP(FILEminimizer).pdf

Download (704kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116002_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Muh.Taslim/D311 16 002. ” STUDI KECEPATAN KAPAL FERRY PENUMPANG CEPAT AKIBAT PENAMBAHAN STERN FLAP : PENGARUH DIMENSI DAN BENTUK STERN FLAP ”. (Dibimbing oleh Ir. Rosmani, M.T. dan Dr. Eng. Suandar Baso, S.T., M.T.)
Salah satu jenis kapal semi planing hull adalah kapal cepat penumpang atau speed boat. Karena kecepatan kapal cepat tergolong tinggi maka untuk meminimalisir kecelakaan kapal dalam merencanakan desain lambung harus memperhatikan aspek tahanan yang dihasilkan oleh kapal cepat, semakin cepat kapal semakin tinggi pula tahanan yang dihasilkan oleh kapal tersebut sehingga kapal mengalami trim di bagian buritan atau terangkatnya bagian depan kapal karena gaya dorong kapal. Salah satu usaha yang dikatakan mampu menambah tahanan adalah dengan penambahan stern flap pada buritan kapal. Prinsip dari penggunaan stern flap adalah dapat menambah nilai tahanan pada kapal. Stern flap diposisikan di buritan kapal tepatnya pada sarat kapal dengan skala stern flap 2%Lwl. Bentuk stern flap didesain dengan 2 bentuk yaitu bentuk I dan 2V dengan berbagai variasi yaitu 10, 20 dan 30. Penelitian ini dilakukan dilabo Hidrodinamika kapal melalui metode eksperimen dan metode wyman. Berdasarkan hasil eksperimen dan maxsurf stern flap akan bekerja secara optimum pada nilai kecepatan yang tinggi. Hal ini dibuktikan pada nilai tahanan 10,5 N sampai dengan 11,03 N dimana stern flap I sudut 30° memiliki nilai kecepatan yang lebih besar seiring dengan bertambahnya nilai tahanan. Besarnya kecepatan yang dicapai model kapal dengan menggunakan stern flap lebih besar 1,5% dibandingkan dengan tidak menggunakan stern flap. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh sistem gaya yang bekerja pada stern flap sehingga menghambat terjadinya porpoising.
Kata Kunci : Semi planning hull, Stern flap, Kecepatan, Tahanan, Eksperimen dan Metode Wyman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:40
Last Modified: 20 Aug 2021 02:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item
View Item