TINJAUAN YURIDIS HAK PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN YANG BERSISTEM RUJUKAN BERJENJANG


Faradila, Dwi (2021) TINJAUAN YURIDIS HAK PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN YANG BERSISTEM RUJUKAN BERJENJANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012171049_tesis COVER1.png

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012171049_tesis 1-2.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012171049_tesis DP.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012171049_tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan sistem rujukan berjenjang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak pelayanan kesehatan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang bersistem rujukan berjenjang.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Maluku Tengah. Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Masohi dan RSUD Masohi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara langsung dengan narasumber pada lokasi penelitian yang kompeten dan relevan dengan topik yang diajukan. Pendekatan kedua adalah dengan memaparkan secara deskriptif berbagai hasil wawancara lalu melakukan analisis terhadap data tersebut.
Dari Hasil Penelitian, diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, pelaksanaan sistem rujukan berjenjang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum sepenuhnya berjalan dengan optimal.Hal ini terbukti dengan masih adanya keluhan dari pasien peserta BPJS Kesehatan di Maluku Tengah terkait masih kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana di fasilitas kesehatan tingkat dasar dan fasilitas kesehatan tingkat rujukan lanjutan sebagaimana yang telah diatur dalam Standar Pelayanan Minimal dan standar Operasional Prosedur Rumah Sakit Kedua, bahwa dalam proses pemenuhan hak pasien peserta BPJS Kesehatan di Kabaputen Maluku Tengah belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini terbukti dengan masih adanya pasien peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah yang sangat susah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan berupa upaya pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat spesialistik atau sub spesialistik di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan agar mendapat pelayanan kesehatan yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:39
Last Modified: 20 Aug 2021 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item
View Item