THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING ENGLISH THROUGH INSTAGRAM TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY ON GRADE ELEVEN OF SENIOR HIGH SCHOOL 21 MAKASSAR


SALSABILA, ANDI MUTHIAH (2021) THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING ENGLISH THROUGH INSTAGRAM TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY ON GRADE ELEVEN OF SENIOR HIGH SCHOOL 21 MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171537_skripsi COVER1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171537_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171537_skripsi DP.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171537_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI MUTHIAH SALSABILA. Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Melalui Instagram Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas Sebelas SMA Negeri 21 Makassar (Dibimbing oleh Nadirah Mahaseng dan Abidin Pammu)
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keefektifan pembelajaran bahasa Inggris melalui Instagram dalam meningkatkan kosakata siswa kelas sebelas di SMA Negeri 21 Makassar. Selain menemukan macam-macam keefektifan pembelajaran bahasa Inggris melalui Instagram untuk meningkatkan kosakata siswa, penulis juga mencoba untuk mengetahui apakah Instagram dapat memperluas kosakata siswa pada kosakata siswa. Terakhir, dalam skripsi ini, penulis juga mengungkapkan apakah siswa lebih memilih untuk belajar melalui Instagram atau pembelajaran di dalam kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah 1296 siswa, namun penulis hanya mengambil populasi dari siswa kelas XI SMA Negeri 21 Makassar, sampelnya adalah 20 siswa dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, pre-test dan post-test.
Penulis menyimpulkan bahwa siswa kurang meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran Instagram. Instagram merupakan media yang memberikan banyak manfaat diantaranya untuk meningkatkan perbendaharaan kata, namun sayangnya dalam penelitian ini siswa cenderung menggunakan media Instagram sebagai sarana hiburan dibandingkan dengan sarana pembelajaran, oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat siswa memperoleh nilai tertinggi. sebelum siswa diberi perlakuan, dan hanya dua siswa yang mendapat nilai terendah. Setelah tes terakhi r (post-test) dilaksanakan, terjadi peningkatan nilai rendah bagi siswa.
Kata kunci: Kosa kata, Instagram, Efektivitas

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2021 00:46
Last Modified: 16 Aug 2021 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item
View Item