Hasniar, Hasniar (2021) PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KECAMATAN BARRU: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F012181005_tesis cover.png
Download (139kB) | Preview
F012181005_tesis 1-2.pdf
Download (1MB)
F012181005_tesis dp.pdf
Download (244kB)
F012181005_tesis-------------.pdf
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
HASNIAR.Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Barru: Kajian Psikolinguistik(dibimbing oleh Nurhayati dan Ery Iswary).
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan cara pemerolehan kosakata bahasa Indonesia anak usia prasekolah; (2) mendeskripsikan jenis kelas kata bahasa Indonesia yang dominan digunakan anak usia prasekolah; dan (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhii pemerolehan kosakata anak usia prasekolah di Kecamatan Barru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan psikolinguistik.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik rekam, catat, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) cara pemerolehan kosakata bahasa Indonesia anak usia prasekolah di Kecamatan Barru melalui dua cara yaitu peniruan dan peranan masukan. Cara peniruan dibagi menjadi dua yaitu peniruan kreatif sempurna dan peniruan kreatif tak sempurna; (2) Jenis kelas kata yang digunakan anakusia prasekolah terdapat 7 kelas kata. Kelas kata yang dominan digunakan anak usia prasekolah dari tiga desa yang diteliti yaitu, kelas kata benda (nomina) dengan persentase sebagai berikut. Desa Anabanua memiliki persentase kata benda 28,78%, kata kerja 28,29%, kata keterangan 12,68%, kata bilangan 10,73%, kata sifat 9,26%, kata ganti 8,29%, kata tugas 2,43%. Desa Palakka memiliki persentase kata benda 31,81%, kata kerja 25,45%, kata keterangan 20%, kata sifat 11,81%, kata bilangan 7,72%, kata tugas 3,18%, kata ganti 0%. Desa Sumpang Binangae memiliki persentase kata benda 26,64%, kata kerja 22,39%, kata keterangan 18,14%, kata sifat 14,67%, kata tugas 8,88%, kata bilangan 5,01%, kata ganti 4,24%; dan (3) terdapat tiga faktor yang berpengaruh dalam pemerolehan kosakata bahasa Indonesia anak usia prasekolah yaitu: faktor lingkungan, faktor usia, dan faktor jenis kelamin.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan kosakata bahasa Indonesia, anak usia prasekolah, psikolinguistik. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:17 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5322 |