PENGARUH BRAND IMAGE DAN MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN UMUM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR


PARADILLA, MENE (2021) PENGARUH BRAND IMAGE DAN MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN UMUM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022191015_tesis COVER1.png

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022191015_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022191015_tesis DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022191015_tesis.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

MENE PARADILLA. Pengaruh Brand Image Dan Marketing Mix Terhdap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Umum Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2021). (Dibimbing oleh Alimin Maidin dan Irwandy
Loyalitas merupakan salah satu kunci sukses dalam memenangkan persaingan bisnis saat ini. Pelanggan yang loyal secara tidak langsung dapat membantu mempromosikan jasa kepada orang- orang terdekatnya.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, marketing mix dan kepuasan terhadap loyalitas pasien umum di Rumah Sakit Stella Maris Makassar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah perawat di Instalasi rawat jalan Rumah Sakit Stella Maris Makassar yang berjumlah 187 responden.
Hasil penelitian menunjukkan ada Brand image, Marketing mix berpengaruh langsung terhadap loyalitas pasien, Brand image dan marketing Mix tidak berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit merancang berbagai strategi untuk melakukan pemasaran terhadap layanan kesehatan yang ada pada rumah sakit, memperhatikan waktu tunggu pasien karena rata- rata pasien mengeluh soal waktu tunggu dokter yang sering terlambat datang, memperhatikan brand atau layanan kesehatan yang beragam seperti produk unggulan sehingga menjadi pembeda antara layanan kesehatan yang di tawarkan rumah sakit lain .
Kata Kunci: Brand Image, Marketing Mix, Kepuasan, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:40
Last Modified: 18 Apr 2024 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item
View Item