RAMADHANY, LATIFAH NABILA (2019) GAMBARAN DIMENSI PENGALAMAN PASIEN BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI INSTALASI RAWAT INAP RS ISLAM FAISAL MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
19_K11115531_Cover1.jpg
Download (4kB) | Preview
19_K11115531(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf
Download (682kB)
19_K11115531(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf
Download (181kB)
19_K11115531(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB)
Abstract (Abstrak)
Latifah Nabila Ramadhany
“Gambaran Dimensi Pengalaman Pasien Berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) Di Instalasi Rawat Inap Rs Islam Faisal Makassar” Dibimbing oleh Dr. Fridawaty Rivai, SKM., M.KesdanAdelia U. Ady Mangilep, SKM.MARS
(xix+167 halaman+ 47 tabel+5 gambar+ 37 lampiran)
Kesesuaian antara harapan dan kenyataan dinilai pasien sangat menentukan tingkat pengalaman pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dimensi pengalaman pasien menggunakan ImportancePerformance Analysis (IPA) di instalasi rawat inap RSI Faisal makassar.
Penelitian ini penelitian survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Performance Analysis).Penelitian dilakukan pada bulan Februari tahun 2019 di Instalasi rawat inap RSI Faisal Makassar. Pengambilan sampel secara proportional stratified random sampling dengan besar sampel sebanyak 95responden.
Hasil penelitian ini dari 12 dimensi pengalaman pasien yang terdiri dari 40 atribut.Dimensi informasi dan komunikasi yang tersebar pada kuadran B yaitu sebanyak 7 atribut dan kuadran D sebanyak 1 atribut.Dimensi waktu tunggu terdiri dari 2 atribut yang hanya terletak pada kuadran A. Dimensi dukungan emosional terdiri dari 4 atribut yang semuanya terletak di kuadran B. Dimensi kenyamanan lingkungan terdiri dari 8 atribut yang tersebar di kuadran A sebanyak 3 atribut, 4 atribut lainnya terletak di kuadran B. Sedangkan 1 atribut yang terletak pada kuadran D. Dimensi manajemen obat terdiri dari 3 atribut yang semuanya tersebar di kuadran B. Dimensi manajemen nyeri terdiri dari 2 atribut yang semuanya tersebar di kuadran B. Dimensi responsive petugas pelayanan terdiri dari 4 atribut yang tersebar di kuadran C sebanyak 3 atribut. Sedangkan 1 atribut lagi terletak di kuadran D. Dimensi manajemen menghargai pengalaman pasien terdiri dari 2 atribut yang semuanya tersebar di kuadran D. Dimensi kepercayaan kepada penyedia pelayanan terdiri dari 2 atribut yang semuanya tersebar di kuadran D. Dimensi penerimaan kebutuhan gizi terdiri dari 2 atribut yang semuanya tersebar di kuadran D. Dimensi keterlibatan keluarga dan teman terdiri dari 2 atribut yang semuanya tersebar di kuadran D. Diharapkan pihak rumah sakit dapat melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan di setiap instalasi termasuk instalasi rawat inap dan memperhatikan strategi-strategi peningkatan kualitas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Dimensi Pengalaman Pasien, IPA, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 02:11 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 02:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5239 |