Hubungan Durasi Penggunaan Gawai (gadget) Terhadap Kasus Computer Vision Syndrome Pada Komunitas Game di Makassar


Hardianti, Aeka (2019) Hubungan Durasi Penggunaan Gawai (gadget) Terhadap Kasus Computer Vision Syndrome Pada Komunitas Game di Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C11116377_skripsi_23-10-2020_Hal_Judul1.jpg

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
C11116377_skripsi_23-10-2020_1-2.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C11116377_skripsi_23-10-2020_Daftar_Pustaka_dan_Lamp..pdf

Download (674kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C11116377_skripsi_23-10-2020 ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan : Gawai (gadget) sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern, mulai dari laptop, tablet atau ponsel pintar. Semua perangkat teknologi yang canggih tersebut tidak sekedar menjadi alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Kerenannya tak mengherankan bila banyak orang asyik menggunakan gadget sehingga lupa waktu. Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Kecenderungan masyarakat terutama mahasiswa yang hidup bergantung dengan gadget yang dimiliki inilah, yang membuat hal ini menarik untuk diteliti dank arena peminat gadget sangat banyak. Setiap hal di dunia ini apabila digunakan secara baik akan menimbulkan hal yang baik, sebaliknya jika digunakan secara berlebihan akan menimbulkan beberapa dampak terhadap kesehatan pemakai.
American Optometric Association (AOA) mendefinisikan Computer Vision Syndrome sebagai kumpulan gejala yang terjadi pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer, tablet, handphone atau alat elektronik lainnya dalam waktu yang cukup lama. Kering dan nyeri pada leher dan punggung badan. Sejauh mana seseorang individu itu mengalami gejala visual sering kali bergantung pada tungkat kemampuan visual mereka dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk melihat layar digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:54
Last Modified: 04 Dec 2020 03:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item