ABADI, AGUNG (2019) PENANGANAN TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS BERBASIS MANAJEMEN TRANSPORTASI PADA JALUR BUSWAY DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
19_D12114008_Cover1.jpg
Download (214kB) | Preview
19_D12114008(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf
Download (1MB)
19_D12114008(FILEminimizer)..ok dapus-lam.pdf
Download (8MB)
19_D12114008(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract (Abstrak)
Agung Abadi. Penanganan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Berbasis Manajemen Transportasi Pada Jalur Koridor Busway Di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Muralia Hustim dan Dantje Runtulalo)
Tingkat kebisingan di kota Makassar saat ini sudah mencapai 79,1 dB (melebihi Baku Mutu Tingkat Kebisingan sebesar 70dB) dari hasil penelitian sebelumnya, untuk itu perlu dilakukan penanganan tingkat kebisingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memprediksi tingkat kebisingan lalu lintas di ruas jalan Kota Makassar serta penanganan tingkat kebisingan melalui skenario simulasi berbasis model prediksi ASJ-RTN 2008. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan di kota Makassar yang merupakan jalur koridor busway, jumlah titik pengamatan sebanyak 17. Waktu penelitian ini dari pukul 07.00-17.00 dengan mengukur tingkat kebisingan, kecepatan kendaraan, klakson kendaraan dengan menggunakan alat sound level meter, speedgun, counter, dan camera. Titik pengamatan dalam penelitian ini terdiri dari ruas jalan dengan tipe jalan 4/2D, 6/2D, 8/2D, 4/2 UD, 6/2UD.
Model kebisingan prediksi ASJ-RTN 2008 tanpa memperhitungkan suara klakson menghasilkan nilai tingkat kebisingan rata-rata sebesar 78,55 dB dengan korelasi pearson dan RMSE sebesar 0,94 dan 1,07. Model kebisingan prediksi ASJ-RTN 2008 dengan memperhitungkan suara klakson menghasilkan nilai tingkat kebisingan rata-rata sebesar 79,8 dB dengan korelasi pearson dan RMSE sebesar 0,93 dan 1,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi tingkat kebisingan berbasis model ASJRTN 2008 yang diperoleh dari proyeksi laju pertumbuhan kendaraan selama 5 tahun mendatang yaitu dari tahun 2019 sampai tahun 2023 dengan 60 simulasi skenario, dimana pada tiap scenario masing-masing terdapat 3 variasi kendaraan yang berbeda. Variasi 2 skenario 3 yaitu pengurangan volume pete-pete yang dialihkan ke BRT dan pengurangan volume LV yang dipindahkan ke BRT sebesar 50% dengan nilai reduksi dapat mereduksi sebesar 2,4 dB dari LAeq,day rata-rata titik pengamatan dan 1,8 LAeq,day prediksi.
Kata kunci: Kebisingan, ASJ-RTN 2008, Proyeksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 01:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 01:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5102 |