NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM HIKAYAT SITTI SAERA TINJAUAN STRUKTURAL


SALEH, HAERUL (2019) NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM HIKAYAT SITTI SAERA TINJAUAN STRUKTURAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_F51112264_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_F51112264(FILEminimizer) 1-2.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_F51112264(FILEminimizer) dapus-lam.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_F51112264(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Haerul Saleh. “Nilai-nilai Kehidupan Dalam Hikayat Sitti Saera Tinjauan Struktural” (Dibimbing oleh Dr. Dafirah, M.Hum dan Pammuda, S.S. M.si. )
Cerita ini merupakan cerita rakyat Makassar yang disadur dari Melayu dan dan Asia Barat yang berjudul Hikayat Sitti Saera, dalam cerita ini dijelaskan kehidupan wanita pada satu daerah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Sosial yang terdapat pada Hikayat Sitti Saera. Untuk mengkaji hal tersebut digunakan analisis struktural Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yang menghasilkan analisis secara deskriptif.untuk dapat mengetahui bagaimana watak dan perilaku para tokoh, dari sanalah dapat diketahui nilai-nilai sosial dalam cerita tersebut.
Hasil penelitian Hikayat Sitti Saera menunjukan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita yaitu: Sitti Saera, Sehe Liddi, Ibu Sitti Saera, Sehe Adli, dari tokoh-tokoh tersebut dapat diambil nilai-nilai kehidupan yaitu: Berbakti Kepada Suami, Berbakti Pada Orang Tua, Nilai Kemandirian, Nilai Tawakal, Berbakti Kepada Guru, Nilai Religius.
Kata Kunci: Hikayat Sitti Saera, Penokohan, Nilai-nilai Kehidupan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jul 2021 06:00
Last Modified: 14 Jul 2021 06:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item
View Item