AMRIANA, ZHAEZHA NUR (2025) Hubungan Study-life Balance dengan Stres Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama di Kota Makassar = The Relationship of Study-life Balance with Academic Stress and Academic Achievement in First Year Students in Makassar City. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of sampul]](/49765/1.hassmallThumbnailVersion/C021211117----.jpg)

C021211117----.jpg
Download (246kB) | Preview
![[thumbnail of bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C021211117-1-2.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
C021211117-dp.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of full teks]](/style/images/fileicons/text.png)
C021211117-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2027.
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
Proses peralihan dari sekolah ke perguruan tinggi bagi mahasiswa tahun pertama menyebabkan berbagai perubahan pada aspek kehidupannya yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan stres akademik dan penurunan prestasi akademik. Kemampuan mahasiswa untuk beradaptasi pada perubahan tersebut dapat dilihat dari kemampuannya untuk mewujudkan study-life balance. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik dan study-life balance mahasiswa PTN angkatan 2022 di Kota Makassar dan untuk mengetahui hubungan antara study-life balance dengan stres akademik dan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 217 mahasiswa aktif angkatan 2022 di perguruan tinggi negeri di Kota Makassar dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan Pearson Product Moment menggunakan SPSS untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan prestasi akademik dengan study-life balance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PTN di Kota Makassar memiliki tingkat stres yang didominasi pada tingkatan sedang dengan persentase 30,8%. Adapun, tingkat study-life balance didominasi pada tingkatan sedang dengan persentase 30,2%. Study-life balance dan stres akademik memiliki hubungan negatif yang berarti semakin tinggi study-life balance mahasiswa, maka akan semakin rendah stres akademik yang dialaminya. Sedangkan, study-life balance dengan prestasi akademik memiliki hubungan positif yang berarti semakin tinggi study-life balance mahasiswa, maka akan semakin tinggi prestasi akademiknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Mahasiswa, Stres Akademik, Prestasi Akademik, Study-life balance |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49765 |