NURHALIZA, SITI (2025) KERJASAMA INDONESIA-AUSTRALIA MELALUI PROGRAM THE INNOVATION FOR INDONESIA’S SCHOOL CHILDREN (INOVASI) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA: STUDI KASUS KOTA BATU DI JAWA TIMUR = INDONESIA-AUSTRALIA COOPERATION THROUGH THE INNOVATION FOR INDONESIA’S SCHOOL CHILDREN (INOVASI) PROGRAM IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION IN INDONESIA: A CASE STUDY OF BATU CITY IN EAST JAVA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/49554/1.hassmallThumbnailVersion/E061211122-Cover.jpeg)

E061211122-Cover.jpeg
Download (249kB) | Preview
![[thumbnail of Bab1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E061211122-1-2(FILEminimizer).pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E061211122-dp(FILEminimizer).pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E061211122-Full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.
Download (802kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan dampak program The Innovation for Indonesia’s School Children (INOVASI), hasil kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia, dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia, dengan fokus pada Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data terkait pelaksanaan dan dampak program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program INOVASI telah meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui pelatihan guru yang intensif dan pengembangan metode pembelajaran berbasis bukti. Selain itu, program ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dengan melibatkan masyarakat dalam mendukung proses pendidikan. Secara keseluruhan, program INOVASI tidak hanya berhasil memperkuat sistem pendidikan dasar di daerah, tetapi juga mempererat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia.
Keyword : INOVASI, kerja sama bilateral, literasi, numerasi, pendidikan inklusif, hubungan Indonesia-Australia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INOVASI, bilateral cooperation, literacy, numeracy, inclusive education, Indonesia-Australia relations. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 05:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 05:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49554 |