ANALISIS PENERAPAN PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PRINCIPLES IN THE REGIONAL DRINKING WATER COMPANY OF MAKASSAR CITY


RAMADHANY, MUHAMMAD RIFQY (2024) ANALISIS PENERAPAN PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PRINCIPLES IN THE REGIONAL DRINKING WATER COMPANY OF MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011211068-Cover.jpg

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
E011211068-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (274kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011211068-dp(FILEminimizer).pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011211068-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (883kB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Rifqy Ramadhany (E011211068). Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Analisis Penerapan Prinsip Total Quality Management (TQM) Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar, xiii + 43 halaman 4 gambar + 3 tabel + 30 daftar pustaka + 6 lampiran. Dibimbing oleh Prof. Dr. Badu Ahmad, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Total Quality Management (TQM) Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar berdasarkan teori empat prinsip utama Total Quality Management oleh Hensler dan Brunell dalam Tjiptono dan Diana (2003) yaitu: Kepuasan Pelanggan, Respek terhadap Semua Orang, Manajemen Berdasarkan Fakta, dan Perbaikan Berkesinambungan telah diterapkan. Namun, terdapat dua prinsip yang belum optimal. Pada Prinsip Kepuasan Pelanggan, perlu adanya peningkatan pada pelayanan yang diberikan. Pada Prinsip Respek Terhadap Semua Orang, Perusahaan Daerah Air Kota Makassar telah menerapkannya kepada pegawai dan masyarakat. Pada Prinsip Manajemen Berdasarkan Fakta, Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar telah menerapkannya melalui pengambilan keputusan berdasarkan keluhan masyarakat. Pada Prinsip Perbaikan Berkesinambungan, Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar telah menerapkan melalui RPAM (Rencana Pengamanan Air Minum).

Keyword : Implementation, Total Quality Management (TQM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Total Quality Management (TQM).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:55
Last Modified: 16 Sep 2025 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49450

Actions (login required)

View Item
View Item