EVALUASI PELAYANAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANTAENG = EVALUATION OF THE SINGLE SUBMISSION (OSS) ONLINE SERVICE INNOVATION PROGRAM AT THE BANTAENG REGENCY INVESTMENT AND ONE-STOP INTEGRATED SERVICE OFFICE OF BANTAENG REGENCY


Adyati, Dian (2025) EVALUASI PELAYANAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANTAENG = EVALUATION OF THE SINGLE SUBMISSION (OSS) ONLINE SERVICE INNOVATION PROGRAM AT THE BANTAENG REGENCY INVESTMENT AND ONE-STOP INTEGRATED SERVICE OFFICE OF BANTAENG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012231019-MTZnd8erEkjtFQBU-20250130214828.jpg

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012231019-1-2.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012231019-dp.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012231019-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelayanan Oriline Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantaeng OSS merupakan sistem yang dirancang untuk mempermudah proses perizinan bagi para investor dan pelaku usaha. Metode evaluasi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan wawancara pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari indikator evaluasi konteks dalam penerapan program inovasi pelayanan OSS-RBA ini yang penerapannya belum dapat dikatakan sudah mencapai tujuan sesuai dengan yang di target, jika berbicara mengenai bentuk pelaksanaannya sendiri memang sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada berdasarkan SOP yang telah dibuat sesuai dengan ketentuan pemerintah. Transparansi dalam pengelolaan dana pengurusan izin OSS- RBA sangat penting untuk membangun kepercayaan masyarakat dan memastikan efektivitas pelayanan. Dengan menerapkan kebijakan yang mendukung transparansi, serta melibatkan masyarakat dalam proses pengawasan, DPMPTSP Kabupaten Bantaeng dapat meningkatkan kualitas layanan, mengurangi ketidakpastian pengguna, dan menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan akuntabel. Proses peluncuran Inovasi pelayanan OSS-RBA di DPMPTSP Kabupaten Bantaeng masih menghadapi tantangan dalam hal penerimaan oleh pengguna.Meskipun aplikasi telah diluncurkan,ketergantungan pada proses manualmasih tinggi.Dengan melakukan sosialisasi yang lebih baik, meningkatkan aksesibilitas, dan memberikan dukungan teknis, diharapkan pengguna dapat beralih ke sistem online dengan lebih percaya diri, sehingga tujuan dari program OSS-RBA dapat tercapai dengan efektif. Diharapkan instansi terkait bisa menyediakan panduan atau menyediakan informasi terkait alur pendaftaran secara singkat dan mudah dimengerti oleh para kalangan UMKM agar lebih mudahnya pelaku usaha membuat izin usahanya dengan menggunakan inovasi pelayanan program berbasis E-Government OSS-RBA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci. evaluasi, pelayanan, Online Single Submission (OSS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:36
Last Modified: 15 Sep 2025 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49416

Actions (login required)

View Item
View Item