ANGGRAENI, ANGGI (2020) AN ANALYSIS OF BUGINESE STUDENTS IN PRONOUNCING ENGLISH CONSONANTS: A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTMENT HASANUDDIN UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
20_F21116030_Cover1.jpg
Download (4kB) | Preview
20_F21116030(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf
Download (671kB)
20_F21116030(FILEminimizer)_1-2.pdf
Download (2MB)
20_F21116030(FILEminimizer) ..................... ok.pdf
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi konsonankonsonan bahasa Inggris yang diucapkan secara kurang tepat oleh mahasiswa Bugis, dan (2) Mengungkap faktor-faktor penyebab kesalahan mahasiswa Bugis dalam mengucapkan konsonan bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Bugis Departemen Sastra Inggris Universitas Hasanuddin angkatan 2016. Data diperoleh dengan melakukan tes pengucapan dan memberikan kuisioner. Data dianalisis dengan mengidentifikasi konsonan bermasalah dan mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Bugis mengucapkan konsonan bahasa Inggris secara tidak tepat. Hasil menunjukkan bahwa konsonan yang bermasalah cenderung berasal dari 1)konsonan-konsonan yang tidak terdapat dalam bahasa Bugis, 2)kesulitan dalam membedakan antara konsonan yang voiced dan voiceless, dan 3)kesulitan dalam hal yang berkaitan dengan penggantian, peniadaan, dan penyisipan konsonan yang terdapat pada kata-kata dalam bentuk past-participle dan dalam bentuk jamak. Sementara itu, penyebab pengucapan konsonan yang kurang tepat oleh mahasiswa terdiri atas tiga penyebab, yakni pengaruh bahasa ibu mereka (bahasa Bugis), periode mereka mulai belajar bahasa Inggris, serta kurangnya motivasi dan usaha untuk meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Inggris mereka.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:49 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/493 |