AKBAR, MUH. HUSAIN ALI (2025) Penngunaan Ragam Bahasa pada Komentar Pengguna Aplikasi Online Shop Shopee: Tinjauan Sosiolinguistik = Language Variation in User Comments on the Shopee Online Shop Application: A Sociolinguistic Perspective. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/49260/1.hassmallThumbnailVersion/F011201026-Cover.jpg)

F011201026-Cover.jpg
Download (872kB) | Preview
![[thumbnail of Bab1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F011201026-1-2(FILEminimizer).pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F011201026-dp(FILEminimizer).pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
F011201026-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MUH. HUSAIN ALI AKBAR. Penggunaan Ragam Bahasa pada Komentar Pengguna Aplikasi online Shop Shopee: Tinjauan Sosiolinguistik (dibimbing oleh Kaharuddin) Latar belakang. Perkembangan internet yang pesat memungkinkan kita untuk melakukan transaksi secara daring atau yang biasa disebut belanja online. Salah satu aplikasi belanja online yang populer diguanakan adalah Shopee. Pengguna aplikasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga penggunaan bahasa yang berbeda pada kolom komentar di aplikasi online shop Shopee sering kita jumpai. Penggunaan bahasa yang berbeda tersebut menimbulkan fenomena ragam bahasa. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dua hal, yaitu 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk penggunaan bahasa pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee dan 2) Mendeskripsikan faktor-faktor sosial yang berpengaruh terhadap penggunaan ragam bahasa pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee. Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengant teknik dokumentasi dan teknik catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks komentar pengguna aplikasi online shop Shopee. Selanjutnya, populasi dalam penelitian ini ditemukan 116 data bentuk penggunaan ragam bahasa pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee. Adapun proses pemilihan sampel hanya akan diambil 54 sampel data yang akan dianalisis, karena diketahui data tersebut sudah dapat mewakili 116 data yang terdapat dalam populasi. Analisis tentang bentuk-bentuk dan faktor-faktor sosial pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee disajikan secara deskriptif. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk ragam bahasa pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee mempunyai lima bentuk bahasa, yaitu: bercampur kode, penggunaan akronim, penggunaan singkatan, penggunaan penggalan, dan penggunaan bentuk bahasa slang. Adapun faktor-faktor sosial yang menyebabkan terjadinya ragam bahasa pada komentar pengguna aplikasi online shop Shopee ditemukan empat faktor, yaitu: faktor usia, faktor jenis kelamin, faktor geografis, dan faktor kebiasaan.
Keyword : ragam bahasa, faktor-faktor sosial, Online shop Shopee.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Language variation, social factors, Shopee online shop. |
Subjects: | P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:56 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 05:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49260 |