Candu Racun Pay Later: Analisis Pendekatan Personal Risk Management pada Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce di Urban City = The Addictive Risks of Pay Later: An Analysis of Personal Risk Management Approach on Impulsive Buying Behavior Among E-commerce Users in Urban City


CAHYANI, ARNI VIRATAMI (2025) Candu Racun Pay Later: Analisis Pendekatan Personal Risk Management pada Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce di Urban City = The Addictive Risks of Pay Later: An Analysis of Personal Risk Management Approach on Impulsive Buying Behavior Among E-commerce Users in Urban City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011211081-Cover.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
B011211081-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011211081-dp(FILEminimizer).pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011211081-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ARNI VIRATAMI CAHYANI (B011211081). Candu Racun Pay Later: Analisis Pendekatan Personal Risk Management pada Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce di Urban City. Dibimbing oleh Farhanah Ramdhani Sumardi sebagai Pembimbing. Latar Belakang: Maraknya penggunaan fitur pay later pada e-commerce di kota besar mendorong perilaku impulsive buying yang dipengaruhi oleh rendahnya persepsi risiko, sehingga berpotensi menyebabkan ketidakstabilan finansial bagi pengguna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived risk terhadap perilaku impulsive buying dan merumuskan mitigasi risiko melalui pendekatan personal risk management pada pengguna fitur pay later di urban city. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-methods dengan desain sequential explanatory yang diawali dengan pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner daring kepada 360 responden dan dilanjutkan dengan wawancara mendalam terhadap 10 informan kunci, serta perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa (1) perceived risk berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying, namun pengaruh tiap dimensinya masih rendah; (2) persepsi risiko yang rendah pada aspek kehilangan uang dan minimnya informasi saat menggunakan pay later menjadi faktor utama perilaku impulsif; dan (3) strategi mitigasi yang efektif meliputi manajemen pengeluaran, perencanaan arus kas pribadi, pengoptimalan wealth management function, pengendalian diri, serta pengembangan konsep diri yang positif. Kesimpulan: Diperlukan strategi mitigasi risiko Berbasis personal risk management untuk meminimalisir dampak negative dari perilaku impulsive buying pengguna fitur pay later di e-commerce.

Keyword : e-commerce, impulsive buying, pay later, perceived risk, personal risk management.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, impulsive buying, pay later, perceived risk, personal risk management.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:04
Last Modified: 02 Sep 2025 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48924

Actions (login required)

View Item
View Item