Zainal, Azzahra (2025) Peran Maros Youth Learning Center (MYLC) dalam Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan Bertani Generasi Muda Berbasis Komunitas Lokal = The Role of Maros Youth Learning Center (MYLC) in Developing Agricultural Knowledge and Skills of Young Generations Based on Local Communities. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48773/1.hassmallThumbnailVersion/E071201043-XlH1sNawC0W3ozve-20250321111611.png)

E071201043-XlH1sNawC0W3ozve-20250321111611.png
Download (156kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E071201043-1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E071201043-dp.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E071201043-full text.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Azzahra Zainal, E071201043. Peran Maros Youth Learning Center (MYLC) dalam Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan Bertani Generasi Muda Berbasis Komunitas Lokal, di bawah bimbingan Dra. Hj. Nurhadelia F. Luran, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Maros Youth Learning Center (MYLC) dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan bertani generasi muda berbasis komunitas lokal. Adapun penelitian ini bertujuan untuk a) menjelaskan bagaimana perjalanan MYLC menjadi sebuah komunitas yang bergerak di bidang pertanian, b) untuk mendeskripsikan bagaimana proses implementasi program yang ada di Maros Youth Learning Center (MYLC), c) untuk menguraikan sejauh mana capaian program yang diperankan oleh Maros Youth Learning Center (MYLC) dalam menjalankan perannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam untuk memahami secara mendalam dinamika dan dampak dari program MYLC. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive dengan beberapa kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MYLC telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang inklusi, kondusif dan kolaboratif, di mana peserta aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu, MYLC juga berkontribusi dalam membangun karakter dan jiwa kepemimpinan peserta, serta memperluas jaringan dengan berbagai pemangku kepentingan. Tantangan seperti kejenuhan peserta diatasi dengan inovasi durasi program. MYLC membuktikan diri sebagai model pemberdayaan pemuda yang efektif, menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam pembangunan pertanian berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MYLC bukan hanya pusat pembelajaran, melainkan juga simbol harapan dan inspirasi bagi generasi muda untuk membangun masa depan pertanian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MYLC, pertanian berkelanjutan, pemberdayaan pemuda, dan komunitas lokal. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 05:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 05:14 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48773 |