Kontribusi Kelekatan Tempat terhadap Perilaku Pro-Lingkungan Siswa Sekolah Rentan Banjir di Kecamatan Manggala Makassar = Contribution of Place Attachment to Pro-Environmental Behavior of Flood Vulnerable School Students in Manggala Sub-district Makassar


PUTRI, ANNISA AMALIAH (2025) Kontribusi Kelekatan Tempat terhadap Perilaku Pro-Lingkungan Siswa Sekolah Rentan Banjir di Kecamatan Manggala Makassar = Contribution of Place Attachment to Pro-Environmental Behavior of Flood Vulnerable School Students in Manggala Sub-district Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C021211060-Cover.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
C021211060-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (426kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021211060-dp(FILEminimizer).pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021211060-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 March 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANNISA AMALIAH PUTRI. Kontribusi Place Attachment terdahap Pro- Environmental Behavior Siswa Sekolah Rentan Banjir di Kecamatan Manggala Makassar. (dibimbing oleh Syurawasti Muhiddin). Latar Belakang. Siswa diharapkan memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi serta rasa tanggung jawab dalam menjaga lingkungan tempat mereka belajar. Namun, banyak siswa yang tinggal dan bersekolah di daerah rentan banjir menghadapi tantangan dalam membangun kelekatan dengan lingkungan mereka. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesadaran lingkungan siswa adalah kelekatan tempat, yaitu ikatan emosional, kognitif, dan perilaku yang mereka miliki terhadap lingkungan sekolahnya. Kelekatan tempat dapat mendorong siswa untuk peduli terhadap kondisi sekolah mereka, termasuk dalam upaya menjaga kebersihan, mengurangi risiko banjir, dan melakukan tindakan pro-lingkungan lainnya. Namun, ketika kelekatan tempat rendah, siswa mungkin kurang memiliki kepedulian terhadap kondisi sekolah dan lingkungannya. Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kontribusi place attachment terhadap pro-environmental behavior siswa sekolah yang rentan banjir di Kecamatan Manggala Makassar. Metode. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kelekatan tempat terhadap perilaku pro-lingkungan dengan arah positif, yaitu semakin tinggi kelekatan tempat, maka semakin tinggi pula perilaku pro-lingkungan siswa sekolah rentan banjir di Kecamatan Manggala. Adapun kontribusi kelekatan tempat terhadap perilaku pro- lingkungan, yaitu sebesar 26,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat 73,3% faktor lain yang memengaruhi perilaku pro-lingkungan pada siswa sekolah rentan banjir di Kecamatan Manggala di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini merefleksikan pentingnya mempertimbangkan faktor kelekatan tempat dalam meningkatkan perilaku pro-lingkungan di lingkungan sekolah melalui strategi khusus yang dapat memperkuat aspek kelekatan tempat. Kesimpulan. terdapat kontribusi kelekatan tempat terhadap perilaku pro-lingkungan siswa sekolah rentan banjir di Kecamatan Manggala Makassar.

Kata Kunci: kelekatan tempat; perilaku pro-lingkungan; siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Place attachment; pro-environmental behavior; student.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:34
Last Modified: 28 Aug 2025 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48674

Actions (login required)

View Item
View Item