PERILAKU KONSUMSI BELANJA ONLINE MASYARAKAT NELAYAN DESA POPISI KABUPATEN BANGGAI LAUT = ONLINE SHOPPING CONSUMPTION BEHAVIOR OF THE FISHERMAN COMMUNITY OF POPISI VILLAGE, BANGGAI LAUT DISTRICT


Lalu, Sumarto M. (2025) PERILAKU KONSUMSI BELANJA ONLINE MASYARAKAT NELAYAN DESA POPISI KABUPATEN BANGGAI LAUT = ONLINE SHOPPING CONSUMPTION BEHAVIOR OF THE FISHERMAN COMMUNITY OF POPISI VILLAGE, BANGGAI LAUT DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E042222004-vL0VWhTirPt7Re62-20250302122545.jpg

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E042222004-1-2.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E042222004-dp.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E042222004-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sumarto M Lalu. E042222004. Perilaku Konsumsi Belanja Online Masyarakat Nelayan Desa Popisi Kabupaten Banggai Laut. Dibawah bimbingan Safriadi. Tujuan penelitian ini mengkaji perilaku belanja online masyarakat nelayan di Desa Popisi yang kehidupannya bergantung pada laut sebagai sumber utama kehidupan. Penelitian ini berfokus perilaku belanja online dan faktor-faktor yang memengaruhi aktivitas belanja online nelayan di Desa Popisi, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik participant observation, indepth interview, filed note dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan perilaku belanja online masyarakat nelayan di Desa Popisi beserta platform apa yang digunakan. Faktor internal yang memengaruhi perilaku belanja online tersebut adalah gaya hidup, interaksi komunitas, dan penggunaan media sosial. Sementara faktor eksternal meliputi ketersediaan jaringan, infrastruktur, intensitas bermedia sosial, serta faktor keterpaparan akan media dan iklan. Selain itu, dampak belanja online berdampak langsung dari ekonomi lokal, membuat masyarakat melakukan konsumsi impulsif dan perubahan pola distribusi, dengan adopsi belanja online terus menerus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: nelayan, e-commerce, belanja online, dan Desa Popisi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 28 Aug 2025 00:35
Last Modified: 28 Aug 2025 00:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48665

Actions (login required)

View Item
View Item