Strategi Komunikasi Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Smart Tourism di Sulawesi Selatan = Communication Strategy in the Development of Smart Tourism-Based Tourism Villages in South Sulawesi


Asaad, Iwan (2025) Strategi Komunikasi Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Smart Tourism di Sulawesi Selatan = Communication Strategy in the Development of Smart Tourism-Based Tourism Villages in South Sulawesi. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E033202001-YxRrvanQC8y4FLEh-20250219155700.png

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E033202001-1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E033202001-dp.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E033202001-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 February 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi yang efektif, mengidentifikasi tantangan utama implementasinya, mengeksplorasi peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta mengkaji integrasi budaya lokal dalam mendukung pengembangan desa wisata berbasis smart tourism di Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang melibatkan 83 informan dari berbagai kategori, yakni wisatawan domestik, wisatawan mancanegara, penyedia layanan pariwisata, pemerintah, media, akademisi, masyarakat desa wisata, dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Selanjutnya, data dianalisis secara interaktif pada setiap tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan teori, yakni Strategi Komunikasi Model Lasswell, Model ACADA dan Teori Difusi Inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi berbasis smart tourism yang efektif memerlukan penilaian awal yang komprehensif terhadap karakteristik desa wisata, pemahaman mendalam tentang kebutuhan wisatawan, dan analisis komunikasi berbasis data untuk menyusun strategi yang relevan. Pada tahap desain, integrasi elemen budaya lokal menjadi kunci dalam menciptakan daya tarik unik dan membangun narasi sesuai dengan nilai-nilai tradisi. Implementasi strategi membutuhkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan serta optimalisasi teknologi digital. Dalam perspektif teori difusi inovasi, adopsi teknologi digital pada desa wisata menciptakan pola difusi yang unik, yaitu budaya lokal menjadi katalis utama dalam meningkatkan adopsi teknologi oleh Masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori komunikasi berbasis smart tourism dengan mengintegrasikan elemen budaya lokal dalam strategi komunikasi digital. Selain itu, hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk pemerintah, penyedia layanan pariwisata, dan masyarakat lokal dalam mengelola desa wisata secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, smart tourism, budaya lokal, teknologi informasi dan komunikasi, desa wisata, Sulawesi Selatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:30
Last Modified: 27 Aug 2025 02:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48631

Actions (login required)

View Item
View Item