PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN RESILIENSI SOSIAL SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 3 TAKALARUDUL = THE INFLUENCE OF LEARNING CULTURE AND STUDENTS SOCIAL RESILIENCE ON THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM AT SMAN 3 TAKALAR


Wahyuni, Triska (2025) PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN RESILIENSI SOSIAL SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 3 TAKALARUDUL = THE INFLUENCE OF LEARNING CULTURE AND STUDENTS SOCIAL RESILIENCE ON THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM AT SMAN 3 TAKALAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031201063-jMScVBhqw06Q9JUW-20250313205634.jpeg

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031201063-1-2.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031201063-dp.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031201063-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

TRISKA WAHYUNI, Pengaruh Budaya Belajar Dan Resiliensi Sosial Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 3 Takalar (dibimbing oleh Musrayani Usman Sos.M.Si.) Budaya belajar merupakan kebiasaan belajar yang terjadi dilingkungan sekolah. Dengan adanya kebudayaan tersebut dapat menciptakan pengaruh terhadap sistem pendidikan khususnya pada penerapan kurikulum merdeka. Untuk menghadapi perubahan tersebut siswa membutuhkan resiliensi sosial dalam dirinya, resiliensi penting dimiliki oleh setiap individu tak terkecuali siswa dalam menjalani proses akademiknya. Penelitan ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian deksriptif dengan jumlah populasi sebanyak 1210 siswa dengan sampel sebanyak 92 siswa. Adapun teknik analisis data mengunakan bantuan Statistic product and service solution (SPSS) dan Miscrosoft excel yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan pie chart. Budaya belajar dan resiliensi sosial siswa masing-masing berperan penting sehingga dapat mendorong kesuksesan implementasi kurikulum merdeka seperti belajar mandiri diluar jam belajar, terbuka terhadap metode pembelajaran baru dan menggunakan metode pembelajaran aktif, serta mereview ulang materi pembelajaran. Resiliensi sosial siswa di SMAN 3 Takalar yaitu tetap tenang dalam menghadapi masalah belajar di sekolah, berusaha beradaptasi dengan metode pembelajaran baru, memotivasi diri sendiri serta dukungan dari keluarga, guru, teman, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: budaya belajar, resiliensi sosial, kurikulum merdeka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:21
Last Modified: 27 Aug 2025 01:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48627

Actions (login required)

View Item
View Item