Fahry, Muh. Alief (2025) DAMPAK TOXIC GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SEKOLAH ISLAM ATHIRAH KAJOLALIDO = TOXIC IMPACT OF ONLINE GAMES ON STUDENTS' SOCIAL BEHAVIOR AT ATHIRAH KAJOLALIDO ISLAMIC SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48622/1.hassmallThumbnailVersion/E031191014-cUye9DXjfLM6PxWZ-20250219184155.jpg)

E031191014-cUye9DXjfLM6PxWZ-20250219184155.jpg
Download (406kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191014-1-2.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191014-dp.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191014-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini menyoroti dampak toxic game online terhadap perilaku sosial siswa di Sekolah Islam Athirah Kajolalido melalui pendekatan sosiologi. Dalam konteks sosiologi, perilaku sosial merupakan respons individu atau kelompok terhadap lingkungan sekitarnya, yang dipengaruhi oleh interaksi sosial, nilai, dan norma yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online berpengaruh secara signifikan terhadap komunikasi dalam game (in-game communication) yang kemudian mendorong perilaku toxic seperti penghinaan (flaming) dan ancaman kekerasan (threat of violence). Dalam sosiologi, fenomena ini dapat dianalisis melalui teori interaksi simbolik, di mana individu membentuk makna dalam interaksi mereka, termasuk dalam lingkungan virtual. Temuan ini juga berkaitan dengan konsep kontrol sosial, di mana norma dan aturan dalam dunia game berbeda dengan norma di dunia nyata. Kurangnya regulasi yang ketat dalam komunitas game dapat membuat pemain merasa lebih bebas untuk menunjukkan perilaku agresif, yang kemudian terbawa ke dunia nyata. Akibatnya, terjadi perubahan perilaku sosial yang berpotensi mengganggu harmoni di lingkungan sekolah. Melalui pendekatan kuantitatif dan analisis data dengan SPSS, penelitian ini membuktikan bahwa toxic game online dapat membentuk pola interaksi yang lebih agresif dan meningkatkan potensi konflik sosial di sekolah. Ini menunjukkan bahwa pengaruh dunia virtual terhadap kehidupan sosial nyata semakin signifikan dan perlu mendapatkan perhatian dalam kajian sosiologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Toxic , Interaksi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48622 |