Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Konsultan Hukum dan Klien Kasus Perceraian di Kabupaten Berau Kalimantan Timur = Interpersonal Communication Strategy between Legal Consultants and Divorce Clients in Berau Regency East Kalimantan


Ramlan, Rif'ah Afifah (2025) Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Konsultan Hukum dan Klien Kasus Perceraian di Kabupaten Berau Kalimantan Timur = Interpersonal Communication Strategy between Legal Consultants and Divorce Clients in Berau Regency East Kalimantan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021211037-pTND7Zriz9fXEcSn-20250228225848.jpg

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021211037-1-2.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021211037-dp.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021211037-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 February 2027.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal antara konsultan hukum dan klien dalam kasus perceraian, (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat komunikasi interpersonal antara konsultan hukum dengan klien dalam kasus perceraian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 9 orang informan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal antara konsultan hukum dan klien kasus perceraian di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur telah berjalan efektif melalui penerapan prinsip keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Konsultan hukum berhasil menciptakan ruang aman yang memungkinkan klien untuk terbuka dan nyaman selama proses perceraian. (2) Dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal tersebut, baik internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi hambatan psikologis klien seperti keraguan, ketakutan, dan rasa malu untuk terbuka, sedangkan faktor eksternal mencakup beban kerja konsultan hukum yang tinggi, kendala jarak, keterbatasan waktu, serta faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Konsultan Hukum, Klien, Perceraian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 26 Aug 2025 05:22
Last Modified: 26 Aug 2025 05:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48595

Actions (login required)

View Item
View Item