Afrilita, Sri Rahayu (2023) Pola komunikasi antarpribadi guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN 02 TINANGGEA, Sulawesi Tenggara = Teachers interpersonal communication patterns in motivating students learning at SDN 02 tinanggea, Sulawesi Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48575/1.hassmallThumbnailVersion/E021181025-ZJokArSQ7t0h1qLT-20250306140258.jpg)

E021181025-ZJokArSQ7t0h1qLT-20250306140258.jpg
Download (810kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E021181025-1-2.pdf
Download (638kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E021181025-dp.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E021181025-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
SRI RAHAYU AFRILITA, Pola komunikasi antarpribadi guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN 02 TINANGGEA, Sulawesi tenggara. (dibimbing oleh Dr. Kahar. M.Hum dan Indrayanti. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN 02 Tinanggea, Sulawesi Tenggara. (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam komunikasi antarpribadi guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid siswa SDN 02 Tinanggea, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih dua bulan, yaitu juni-juli 2022. Informan penelitian ini yaitu guru dan murid di SDN 02 TINANGGEA, Sulawesi tenggara. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan rancangan sampling nonprababilitas dimana sampel tidak melalui teknik random (acak). Semua anggota populasi belum tentu memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi informan disebabkan pertimbangan-pertimbangan tertentu oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik analisi data dilakukan secara kualitatif deskriptif, dimana rumusan masalah biasanya diambil dari studi kasus yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pola komunikasi antarpribasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN 02 TINANGGEA, dimana Pola komunikasi antarpribadi dalam hal ini bentuk atau tindakan yang diterapkan Guru dan Murid dalam proses belajar mengajar terutama terhadap motivasi belajar. Maka dalam menyelesaikan masalah tersebut tentu menggunakan beberapa pola komunikasi seperti pola komunikasi primer yaitu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan yang melambangkan antara verbal ataupun nonverbal. Kata Kunci : Komunikasi antarpribadi, guru, murid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi antarpribadi, guru, murid |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48575 |