Adawiyah J, St. Nur Raudhahtul (2025) Public Trust dalam Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji Makassar = Public Trust in Services of Labuang Baji Regional General Hospital (RSUD) Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48549/1.hassmallThumbnailVersion/E012222008-oPNeXbJuyLjMiQ53-20250224202526.jpg)

E012222008-oPNeXbJuyLjMiQ53-20250224202526.jpg
Download (404kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222008-1-2.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222008-dp.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222008-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kepercayaan masyarakat (Public Trust) terhadap layanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan keberlanjutan dan kualitas pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan terhadap Public Trust di RSUD Labuang Baji Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh pasien sebanyak 98 responden. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas pelayanan dan Public Trust. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Public Trust, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,516, yang berarti 51,6% variabilitas Public Trust dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan. Nilai koefisien regresi sebesar 0,965 dan tingkat signifikansi 0,000 (p < 0,05) mengindikasikan hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel. Indikator kualitas pelayanan menunjukkan skor rata-rata yang sangat baik, mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap RSUD Labuang Baji. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk mengintegrasikan variabel lain, seperti komunikasi pasien dan inovasi teknologi, untuk memperluas wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi Public Trust di sektor layanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati, Kualitas Pelayanan, Layanan Kesehatan, Public Trust |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48549 |