ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALOPO = PERFORMANCE ANALYSIS OF THE STATE CIVIL APPARATUS AT THE PALOPO CITY POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE


Malatta, Dristian Seisar (2025) ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALOPO = PERFORMANCE ANALYSIS OF THE STATE CIVIL APPARATUS AT THE PALOPO CITY POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011201074-BPD5xEIcMoS7WHAC-20250305225302.jpeg

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201074-1-2.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201074-dp.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201074-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK Dristian Seisar Malatta. ANALISIS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALOPO (Dibimbing oleh Prof. Dr. Muh Akmal Ibrahim, M.Si.) Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan kinerja dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena dalam beberapa kasus kinerja ASN menjadi masalah yang paling utama dalam keluhan masyarakat, seperti para staf ASN yang tak ada di tempat waktu jam operasional kerja, pelayanan yang berbelit-belit dan terkesan mempersulit, sampai kepada tidak patuhnya ASN terhadap kebijakan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk menjelaskan bagaimana kinerja ASN pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan indikator kinerja yang dikemukakan oleh Robbins untuk mengkaji secara mendalam kinerja ASN pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo dalam menjalankan/memberikan pelayanan kepada masyarakat. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, ASN di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo telah memenuhi indikator kualitas kinerja yang diungkapkan oleh Robbins, meskipun ada beberapa aspek, seperti ketepatan waktu, masih ada kemudian ASN yang terkadang masih lambat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan, walaupun dalam wawancara yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa alasan ASN yang lambat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas itu dapat dipastikan kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja; ASN; Pelayanan Publik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:54
Last Modified: 25 Aug 2025 06:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48540

Actions (login required)

View Item
View Item