Apriyanti, Indah (2024) Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Makassar = The Quality Of Public Services at The Makassar SAMSAT Office. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48536/1.hassmallThumbnailVersion/E011181519-9zM2YNIy7Z3BGU8V-20250204231332.png)

E011181519-9zM2YNIy7Z3BGU8V-20250204231332.png
Download (96kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011181519-1-2.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011181519-dp.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011181519-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2026.
Download (15MB)
Abstract (Abstrak)
INDAH APRIYANTI (E011181519), Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Makassar . 83 Halaman + 4 Gambar + 1 Tabel + 38 Kepustakaan (1974-2018) + 7 Lampiran + Dibimbing Oleh Prof. Dr. Muhammad Yunus, MA dan Dr. H. Nurdin Nara, M.Si. Pajak merupakan salah satu devisa negara dan sumber dana terbesar dalam pembiayaan pembangunan yang berasal dari masyarakat. Adapun pada Provinsi Sulawesi Selatan, pajak atas Kendaraan Bermotor merupakan bentuk pemasukan terbesar bagi pemerintah daerah yang dipungut melalui Badan Pendapatan Daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah (1) Perhatian atasan terhadap pegawai (2) Semangat, kerjasama, dan loyalitas kelompok kerja (3) Saling percaya dan komunikasi antara pegawai dengan pemimpin (4) Desentralisasi dalam pengambilan keputusan (5) Adanya usaha dari tiap individu maupun keseluruhan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelayanan pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Makassar telah terlaksana dengan efektif dalam perspektif proses. Namun masih terdapat beberapa faktor yang berpengaruh pada pencapaian target realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor, seperti wajib pajak masih banyak menunda pembayaran pajak kendaraannya, resesi ekonomi yang memengaruhi menurunnya tingkat pendapatan masyarakat yang berdampak kepatuhan wajib pajak menurun, serta kesadaran wajib pajak masih rendah. Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 05:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 05:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48536 |