PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pemasaran Digital Gula Aren Sulawesi) = The Effect Of Promotion On Consumer Purchase Intention (Case Study Digital Marketing Of Gula Aren Sulawesi)


SHALSARANI, ANDI SOPHIE (2025) PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pemasaran Digital Gula Aren Sulawesi) = The Effect Of Promotion On Consumer Purchase Intention (Case Study Digital Marketing Of Gula Aren Sulawesi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021211139-cpbMunoiUOhG6RNY-20250223185752.jpg

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021211139-aQMmhYxj2dbAqXRc-20250223185752.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021211139-AlIXhRPNmxTi8Dj3-20250223185752.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
G021211139-8SX9FghtQdv2exND-20250224160555.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah mengubah strategi pemasaran di berbagai industri, termasuk produk Gula Aren Sulawesi. Promosi digital melalui media sosial, strategi bundle pricing, dan program gratis ongkos kirim menjadi langkah utama dalam meningkatkan daya saing di market place Shopee. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap minat beli konsumen Gula Aren Sulawesi di market place Shopee. Metode. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring dan wawancara. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih secara purposive sampling dari pengikut akun Instagram Gula Aren Sulawesi. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk mengukur hubungan antara variabel independen, yaitu promosi media sosial, bundle pricing, dan program gratis ongkos kirim, terhadap variabel dependen, yaitu minat beli konsumen. Hasil. Semua variabel promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (nilai p < 0,05). Promosi media sosial memiliki kontribusi terbesar dalam meningkatkan minat beli, diikuti oleh program gratis ongkos kirim dan bundle pricing. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan strategi promosi digital yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis di era digital. Kesimpulan. Promosi melalui media sosial, bundle pricing, dan program gratis ongkos kirim berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen secara parsial dan simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi,media sosial, bundle pricing,program gratis ongkos kirim,minat beli
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:02
Last Modified: 25 Aug 2025 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48529

Actions (login required)

View Item
View Item